Pameran Pendidikan S2 Dan S3 Digelar 12-13 Mei

World Post Graduate 2018, pameran pendidikan yang dikhususkan untuk jenjang S2 maupun S3 akan digelar di Jakarta Convention Center 12-13 Mei 2018.
Mia Chitra Dinisari | 08 Mei 2018 07:53 WIB

Bisnis.com, JAKARTA - World Post Graduate 2018, pameran pendidikan yang dikhususkan untuk jenjang S2 maupun S3 akan digelar di Jakarta Convention Center 12-13 Mei 2018.

Pameran ini menjembatani mahasiswa dengan berbagai universitas baik lokal maupun mancanegara untuk memastikan para mahasiswa dapat mencari info yang mereka butuhkan untuk memenuhi kebutuhan akan pendidikannya.

“Tahun kemarin WPG ini sukses dan itu jadi motivasi kita untuk menyelenggarakannya lagi untuk membantu para mahasiswa memilih universitas mana yang biayanya sesuai dengan kantong mereka, program beasiswa dari pemerintah atau bahkan program pendanaan pendidikan,” ujar Anastasya Sri selaku Operational Director dari MSW Global dalam siaran persnya.

Bekerjasama dengan Kemenristek DIKTI, pameran yang rencananya akan digelar pada tanggal  ini memberikan tes simulasi IELTS untuk mengukur sejauh mana kemampuan mahasiswa/i ini dalam bahasa asing.

“Kita selalu mengharapkan yang terbaik untuk para mahasiswa dan tes simulasi ini sangat baik untuk mereka, supaya mereka bisa melakukan persiapan sebelum mengambil tes yang sebenarnya. Pokoknya kita sediakan selengkap mungkin yang mereka butuhkan,” tutur Michael Tan, Director MSW Global.

Pada penyelenggaraan WPG Tahun 2018 yang merupakan bagian dari rangkaian kegiatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) Republik Indonesia dan Peringatan Hari Kebangkitan Dosen Indonesia pada HUT 20th Asosiasi Dosen Indonesia (ADI).

Pada rangkaian acara WPG kali Ini, ADI sebagai organisasi profesi dosen terbesar di Indonesia yang berdiri sejak tahun 1998 mendukung penuh kegiatan WPG sebagai salah satu event besar yang memiliki potensi strategis dalam mengembangkan wawasan masyarakat Indonesia khususnya kaum milenial untuk terus mengembangkan karir dan potensi akademik kejenjang S2 dan S3.

Prof. Dr. Djoko Wintoro, MBA ketua DPP ADI bidang pengembangan Inovasi industri dan pembelajaran mengatakan babwa, pada acara WPG kali ini, ADI akan melakukan rangkaian kegiatan, seperti “International Education High Meeting” dengan memberikan kesempatan kepada Pimpinan Perguruan Tinggi Indonesia untuk berdiskusi langsung dengan Perwakilan Pimpinan Perguruan Tinggi asing dan kedutaan besar, lembaga pendidikan resmi dari berbagai negara untuk membahas program-program kerjasama antar universitas (joint-lecture, joint-research, joint-publication, joint-lab dll). Selain itu akan diadakan kegiatan RAPIMNAS ADI (Rapat Pimpinan Nasional ADI) untuk membahas isu-isu terkait organisasi ADI dan program-program yang dapat disinergikan dengan peserta pameran serta rangkaian seminar nasional “Kebangkitan Dosen Indonesia” serta lounching program pembelajaran untuk dosen dan mahasiswa di era digital dengan menggunakan aplikasi Apple, BBM, dan ADI Channel.

“Kebangkitan Dosen Indonesia” : Dosen sebagai Aktor Penting dalam Mencerdaskan Kehidupan Bangsa dan Pendidikan Tinggi 4.0, dan WPG merupakan wadah untuk dosen Indonesia membuka wawasan internasional agar dapat memaksimalkan peran dosen sebagai aktor penting dalam era Milenial” ucap Prof. Djoko.

Dr. Wendi Usino, M.Sc.,MM selaku ketua DPP ADI bidang IT, mengatakan bahwa pada era ini, Dosen memiliki tuntutan lebih, baik dalam kompetensi maupun kemampuan untuk melakukan kolaborasi riset dengan profesor kelas dunia. Dosen sebagai tutor dan pengembangan infrastruktur MOOC (Massive Open Online Course), teaching industry, dan e-library, namun kondisi Dosen Indonesia saat ini sendiri masih didominasi oleh generasi baby boomers dan generasi X yang merupakan digital immigrant.

Sementara mahasiswa yang dihadapi merupakan generasi millennial atau digital native, oleh karena itu dosen harus mengembangkan karir akademik sampai ke jenjang S3 dan mampu mengembangkan konten pembelajaran mengikuti perkembangan zaman. “program ini kita beri nama #ADIDosenZamanNow” Ucap Wendi.

Pameran yang disponsori oleh Western Union, Bank Danamon, Cleo dan Garuda Indonesia ini menghadirkan lebih dari 50 universitas dari berbagai belahan dunia, tentunya, pameran ini terbuka untuk umum dan gratis. 

 

Tag : pendidikan
Editor : Mia Chitra Dinisari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top