KTT Ulama dan Cendekiawan Muslim Dunia : Mufti Agung Al-Azhar Kairo Tiba di Indonesia

Minggu (29/4/2018), Mufti Agung Al Azhar, Mesir, Ahmed Muhammed Ahmed Eltayyeb atau dikenal sebagai Syaikh Ahmed al-Tayyeb tiba di Jakarta.
Newswire | 30 April 2018 01:41 WIB
Syaikh Ahmed Muhammed Ahmed Eltayyeb - Reuters

Bisnis.com, JAKARTA - Indonesia menjadi tuan rumah pertemuan penting para ulama dan cendekiawan Muslim dunia.

Minggu (29/4/2018), Mufti Agung  Al Azhar, Mesir, Ahmed Muhammed Ahmed Eltayyeb atau dikenal sebagai Syaikh Ahmed al-Tayyeb tiba di Jakarta.

Syaikh Ahmed al-Tayyeb akan menghadiri Konsultasi Tingkat Tinggi (KTT) Ulama dan Cendekiawan Muslim Dunia tentang Islam Wasathiyah.

Syaikh Al Azhar tersebut tiba dengan pesawat khusus di Halim Perdana Kusuma sesuai jadwal yaitu sekitar pukul 22.20 WIB.

Kedatangannya disambut Utusan Khusus Presiden RI untuk Dialog dan Kerja Sama Antaragama dan Peradaban (UKP-DKAAP) Din Syamsuddin, Wakil Menteri Luar Negeri AM Fachir, Direktur Jenderal Bimas Islam Kementerian Agama Muhammadiyah Amin, duta besar negara sahabat dan tokoh penting lainnya.

Sebelumnya, Din mengatakan KTT tersebut akan diikuti 50 ulama dan cendekiawan Muslim dari berbagai dunia. Kegiatan akan digelar pada 1-3 Mei 2018 di Bogor dengan salah satu agenda membahas Islam moderat.

Sejumlah tamu undangan lain juga akan segera menyusul datang ke Indonesia untuk hadir pada acara tersebut, seperti Imam Masjidil Haram Syaikh Saleh bin Abdullah bin Hamid, Imam Masjidil Aqsa Syaikh Muhammad Ahmad Husein, dan Mufti Libanon Syaikh Abdulatif Daryan.

Selain itu, akan hadir pula cendekiawan muslim Kanada Jamal Badawi, Sekjen Konferensi Muslim Eropa Muhammad Bechari dari Prancis, Sekjen Liga Dunia Islam Muhammad Abdul Karim Al Isa, tokoh ulama Iran Syaikh Ayatullah Ali Taskhiri, Mufti Rusia Syaikh Ravil Ismagiloviich, dan Ketua Muslim Jepang Amin K Tokomasu.

Din mengatakan KTT Bogor itu sekaligus menjadi ajang promosi mengenai Islam moderat di Indonesia.

"Sistem kenegaraan Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 mencerminkan nilai-nilai Islam yang wasathiyah," ujar Din.

Salah satu tamu yang juga akan hadir dalam KTT itu adalah tokoh Islam Syaikh Abdullah bin Bayah.

Syaikh Abdullah bin Bayah adalah tokoh ulama terkemuka di dunia dan juga Ketua Forum Promosi Perdamaian di masyarakat muslim yang berada di Abu Dhabi.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
islam

Sumber : Antara
Editor : Saeno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top