Pertemuan Kim Jong-un & Moon Jae-in Tak Disiarkan Langsung di Korut

Ketika seluruh dunia media menayangkan langsung pertemuan Moon Jae-in dan Kim Jong-un, warga Korea Utara ternyata tak begitu saja diberikan kesempatan untuk menyaksikan momentum bersejarah tersebut.
John Andhi Oktaveri | 27 April 2018 13:29 WIB
Loading the player ...

Bisnis.com, JAKARTA -- Ketika seluruh dunia media menayangkan langsung pertemuan Moon Jae-in dan Kim Jong-un, warga Korea Utara ternyata tak begitu saja diberikan kesempatan untuk menyaksikan momentum bersejarah tersebut.

Stasiun televisi pemerintah Korut dikabarkan tidak menyiarkan pertemuan Moon dan Kim hari itu secara langsung. Pyongyang diperkirakan baru akan menayangkan pertemuan itu dalam versi yang telah lebih dulu disunting dan disesuaikan.

"Korea Utara tidak pernah menayangkan peristiwa-peristiwa nasional penting secara langsung," kata peneliti senior Korean Institute for National Unification sebagaimana dikutip CNN.com, Jumat (27/4).

"Bahkan momen-momen penting negara seperti parade militer dalam peringatan berdirinya tentara Korut, stasiun televisi pemerintah tidak pernah menyiarkannya langsung."

Dikutip The Korean Times, Korut sebelumnya telah sepakat media Korsel boleh meliput dan menyiarkan sejumlah bagian pertemuan Kim dan Moon secara langsung, termasuk ketika kedua pemimpin untuk pertama kali bertemu di perbatasan.

Korut juga mengizinkan sejumlah media Korsel untuk meliput momen bersejarah itu dari perbatasan negaranya.

Stasiun penyiaran Korsel seperti SBS, KBS, dan MBC menyiarkan langsung pertemuan Kim dan Moon mulai dari persiapan sejak sekitar 08.00 WIB.

 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
korea utara, korea selatan, kim jong un

Editor : Fajar Sidik

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top