Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

500 Dosen PT Kemenag akan Dapat Beasiswa dari CQ University Australia

Untuk membantu pemerintah meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) pengajar, CQ University Australia akan memberikan beasiswa kepada 500 dosen di Perguruan Tinggi Kementerian Agama (PT Kemenang).

Bisnis.com, JAKARTA - Untuk membantu pemerintah meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) pengajar, CQ University Australia akan memberikan beasiswa kepada 500 dosen di Perguruan Tinggi Kementerian Agama (PT Kemenang).

Dalam program itu nantinya setiap tahunnya sebanyak 100 orang dan beasiswa ini direncananya akan dilakukan selama 5 tahun kedepan.

Dirjen Pendidikan Islam Kemenang Kamaruddin Amin mengatakan ini merupakan bentuk upaya bersama antara pihaknya dengan CQ University Australia untuk mewujudkan komitmen bersama dalam meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan, khususnya pada pendidikan tinggi di Indonesia.

"Seperti yang diketahui bahwa saat ini jumlah perguruan tinggi di tanah air cukup banyak dengan pengajar yang jumlah ribuan, namun saat ini Pemerintah memiliki pekerjaan rumah dengan keterbatasan dalam hal kualitas SDM. Dengan kerjasama ini diharapkan maka kualitas SDM pengajar di perguruan tinggi dapat ditingkatkan," kata Kamaruddin usai penandatanganan MoU pemberian Beasiswa antara Kemenang dengan CQ University Australia di Jakarta, seperti dalam siaran persnya Senin (23/4).

Ia menambahkan bentuk kerjasamanya bukan hanya memberikan beasiswa dengan mengirim dosen mendapatkan gelar PhD di CQ University Australia, namun juga terbuka untuk penelitian bersama antara perguruan tinggi dibawah Kemenag dengan CQ University Australia.

Kamaruddin mengakui bahwa saat ini banyak penelitian yang bisa dikolaborasikan seperti di Universitas Islam Nasional (UIN) di seluruh Indonesia pada fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, Tehnik dan lainnya.

"Pengiriman mahasiswa ini akan kami lakukan segera pada tahun ini. Program beasiswa untuk S3 bagi dosen yang akan mengambil gelar PhD di fakultas di CQ University Australia," katanya.

Sementara itu, Senior Deputy Vice-Chancellor and Vice-President International and Services CQ University Australia, Alastair Dawson mengatakan bahwa untuk tahap awalnya pemberian beasiswa dilakukan kepada 100 mahasiswa dari PT di bawah Kemenag untuk mendapatkan gelar PhD. Dan ini tidak akan berhenti sampai disini saja diharapakan akan berlanjut hingga lima tahun dengan jumlah mahasiswa sebanyak ditargetkan sebanyak 500 orang.

"Melalui MoU yang kami tanda tangan ini CQ University Australia dengan senang hati menerima mahasiswa Indonesia untuk melanjutkan pendidikannya dan meraih cita-cita dengan mendapatkan gelar PhD," katanya.

Dawson juga mengaskan bahwa beasiswa ini diharapkan akan membantu mendukung pemerintah mengatasai masalah SDM pengajar sehingga dapat meningkatkan kualitas Mahasiswa di Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper