Bus Yang Ditumpangi Turis China Jatuh dari Jembatan di Korea Kuno

Sejumlah turis asal China terlibat dalam kecelakaan bus di Korea Utara yang menyebabkan sejumlah besar korban jiwa, ungkap media pemerintah China tanpa rinjain jumlah korban.
Aprianto Cahyo Nugroho | 23 April 2018 11:47 WIB
Turis asal China-Ilustrasi - Antara

Bisnis.com, JAKARTA – Sejumlah turis asal China terlibat dalam kecelakaan bus di Korea Utara yang menyebabkan korban jiwa cukup banyak, ungkap media pemerintah China tanpa rinjain jumlah korban.

Dilansir Reuters, Diplomat China bergegas menuju ke tempat kejadian kecelakaan yang terjadi pada Minggu (22/4/2018) di provinsi Hwanghae Utara, ungkap kementerian luar negeri China.

Dalam pesan Twitter sebelumnya pada  Senin, saluran berbahasa Inggris televisi pemerintah China mengatakan sebuah bus tur telah jatuh dari jembatan, menewaskan lebih dari 30 orang. Namun, tweet tersebut dihapus tak lama kemudian.

Saluran berita utama berbahasa China di televisi kemudian menayangkan rekaman dari bus biru yang jatuh dengan roda di atas. Berita tersebut menunjukkan setidaknya satu orang dirawat di rumah sakit, namun tidak memberikan rincian korban.

Provinsi Hwanghae Utara yang berbatasan dengan Korea Selatan adalah lokasi dari Kaesong, ibu kota Korea kuno yang kerap dikunjungi wisatawan, termasuk wisatawan asing.

Korea Utara adalah tujuan wisata yang populer untuk warga China, terutama bagi mereka yang berasal dari timur laut negara. China mengatakan lebih dari 237.000 warganya berkunjung pada tahun 2012, tetapi berhenti menerbitkan angka pada tahun 2013.

Wisatawan asal China menyumbang sekitar 80% dari seluruh wisatawan asing ke Korea Utara, ungkap Korea Maritime Institute dari Korea Selatan, yang memperkirakan bahwa pariwisata menyumbang pendapatan Korea Utara sekitar US$44 juta setiap tahun.

China adalah pendukung ekonomi dan diplomatik Korea Utara yang paling penting, meskipun Beijing juga mengecam uji coba nuklir dan rudal Pyongyang yang berulang kali dilakukan dan mendukung sanksi PBB terhadap Korea Utara.

Korea Utara dan Korea Selatan sedang dalam tahap akhir persiapan untuk pertemuan puncak antara pemimpin Korea Utara Kim Jong Un dan Presiden Korea Selatan Moon Jae-In di desa gencatan senjata perbatasan Panmunjom pada hari Jumat pekan ini.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
wisatawan, kecelakaan

Editor : Fajar Sidik

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top