Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Israel Bantah Terlibat Pembunuhan Dosen Asal Palestina di Malaysia

Menteri Pertahanan(Menhan) Israel membantah tuduhan bahwa yang menembak mati seorang dosen Palestina di Malaysia adalah agen rahasia Mossad.
Bendera Israel/Reuters
Bendera Israel/Reuters

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Pertahanan (Menhan) Israel membantah tuduhan bahwa yang menembak mati seorang dosen Palestina di Malaysia adalah agen rahasia Mossad.

Menhan Israel Avigdor Lieberman mengatakan kemungkinan Fadi al-Batsh, yang berusia 35 tahun, dibunuh karena sengketa internal di kalangan orang Palestina.

Dua pria yang mengendarai sepeda motor melepas 10 tembakan dan menewaskan anggota Hamas itu Sabtu (21/4/2018) di salah satu jalan di Kuala Lumpur.

Keluarganya menuduh Mossad yang berada di belakangan pembunuhan tersebut. Lieberman mengatakan kepada radio Israel bahwa ilmuwan tersebut adalah ahli roket dan 'bukan orang suci'.

"Dia bukan terlibat dalam peningkatan pasokan listrik, prasarana, atau perairan. Kami mendengar pengumuman oleh pimpinan Hamas yang bertanggung jawab atas pria itu yang menjelaskan dia terlibat dalam produksi roket, untuk meningkatkan akurasi roket," tuturnya seperti dikutip surat kabar Haaretz sebagaimana dikutip BBC.com, Senin (23/4/2018).

Ketika ditanya kapan mendengar tentang pembunuhan itu, Lieberman mengaku mendengarnya dari media massa. Ada tradisi pada saat ini di kalangan organisasi teroris untuk menuding Israel dalam setiap penyelesaian masalah.

"Penyelesaian sengketa di kalangan organisasi teroris, antara para teroris, antara faksi-faksi yang beragam, adalah hal yang kami saksikan dari masa ke masa. Saya berasumsi hal tersebut jugalah yang terjadi dalam kasus ini,” ujarnya.

Penyelidikan Berlanjut

Kepala Kepolisian Malaysia, Inspektur Jenderal Mohamad Fuzi Harun menyampaikan perkembangan atas kasus pembunuhan Fadi al-Batsh kepada para wartawan.

"Penyelidikan menyeluruh sedang berlangsung saat ini. Apakah dia dibunuh dengan senjata? Jawaban saya adalah ya. Otopsi sedang berlangsung, kami akan memberi rinciannya nanti."

Dia menambahkan masih belum jelas motif pembunuhan dan juga belum dilakukan penangkapan terkait kasus tersebut. Ayah Batsh, Mohamed, menuduh Mossad yang membunuh putranya.

"Serarus persen, itu pembunuhan. Fadi tidak punya musuh dan dicintai komunitas Palestina, Arab, dan Malaysia dan berfoto bersama dengan perdana menteri Malaysia," ujar Mohamad.

Ada beberapa tuduhan hanya atas Mossad Israel, dan kami menuduh hanya Mossad Israel. Pemerintah Malaysia harus mempercepat penyelidikan, ujarnya.

Batsh, yang sudah tinggal di Malaysia sekitar 10 tahun, merupakan seorang dosen teknik elektro. Hamas mengatakan salah seorang anggotanya 'dibunuh' dan menyebutnya sebagai martir, yang biasanya digunakan untuk orang-orang yang dibunuh oleh pasukan Israel.

Tahun 1997, agen-agen Mossad melakukan upaya pembunuhan yang gagal atas pemimpin Hamas, Khaled Meshaal, di Yordania dengan menyemprot racun ke telinganya.
Dinas rahasia itu juga diyakini berada di belakang pembunuhan atas seorang militan terkemuka Hamas, Mahmud al-Mabhuh, yang tewas di sebuah hotel di Dubai tahun 2010.

Israel tidak pernah mengakui maupun membantah keterlibatan atas pembunuhan al-Mabhuh.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Nancy Junita

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper