Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Balada Dosen Tua, Ini Peta Wajah Mereka di Era Teknologi Digital

Dosen yang berusia tua atau yang berusia 53 tahun hingga 71 tahun dinilai sulit untuk beradaptasi dengan teknologi.
Ilustrasi Dosen/Istimewa
Ilustrasi Dosen/Istimewa

Kabar24.com, JAKARTA - Dosen yang berusia tua atau yang berusia 53 tahun hingga 71 tahun dinilai sulit untuk beradaptasi dengan teknologi.

Direktur Jenderal Sumber Daya Iptek dan Dikti (SDID) Kemristekdikti Ali Ghufron Mukti mengungkapkan bahwa saat ini, ada sebanyak 24.381 dosen yang berusia 53 tahun hingga 71 tahun. "Dosen-dosen ini, kami nilai akan sulit beradaptasi dengan kemajuan teknologi," tegasnya, Kamis.

Ghufron menambahkan ke depan dosen tidak hanya sekedar mengajar tetapi juga sebagai fasilitator yang membimbing mahasiswanya.

Apalagi, sambungnya, sistem pendidikan tinggi di Tanah Air nantinya tidak lagi menggunakan cara konvensional, yaitu tatap muka, yang mana dosen menjadi satu-satunya sumber pengetahuan. Para mahasiswa juga didorong untuk lebih mencari informasi yang dibutuhkan secara mudah dan mandiri sehingga tidak hanya bergantung pada apa yang diajarkan dosen di dalam kelas.

"Untuk dosen kategori milenial lebih mudah, karena mereka akrab dengan dunia digital."

Dosen kategori milenial atau yang berusia 18 tahun hingga 36 tahun sebanyak 113.865 orang. Adapun dosen untuk kategori generasi X atau yang berusia 37 tahun hingga 52 tahun sebanyak 142.202 orang.

Dari data tersebut, kata Ghufron, terdapat kesenjangan antara tenaga pengajar generasi X dengan generasi milenial.

"Jika dosen tidak melakukan perubahan, maka kualitas pendidikan akan tertinggal jauh dibanding negara lain yang sudah lebih dulu menerapkan pembelajaran jarak jauh".

Selain itu, dosen juga menghadapi tantangan terkait daya saing. Indonesia dengan potensi yang dimiliki menjadi "ladang" bagi para ilmuwan untuk melakukan riset dan penelitian.

Banyak akademi asing yang tertarik melakukan kerja samai dengan dosen-dosen di Tanah Air.

"Hal ini prlu disertai dengan peningkatan produktivitas dosen termasuk kemampuan dalam menghadapi tantangan di era Revolusi Industri 4.0," tegas Ghufron.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper