Survei Cyrus : Elektabilitas Jokowi Tertinggi. Head to Head Dengan Prabowo Jomplang

Elektabilitas Jokowi masih menjadi yang tertinggi menurut data hasil survei Cyrus Network yang dipaparkan di Resto D'Consulate Lounge, Jakarta, Kamis (19/4/2018).
Rahmad Fauzan | 19 April 2018 17:47 WIB
Presiden Joko Widodo (kanan) dan Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra Prabowo Subianto mengadakan jumpa pers, seusai pertemuan tertutup di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Kamis (29/1/2015). - Antara/Widodo S. Jusuf

Bisnis.com, JAKARTA -- Elektabilitas Jokowi masih menjadi yang tertinggi menurut data hasil survei Cyrus Network yang dipaparkan di Resto D'Consulate Lounge, Jakarta, Kamis (19/4/2018).

Tercatat, berdasar tanggapan 1.230 responden dari seluruh provinsi di Indonesia, popularitas Jokowi mencapai angka 96,8%. Posisi kedua diduduki Wakil Presiden Jusuf Kalla, diikuti Prabowo Subianto di posisi ketiga dengan 91,4%.

Selain itu, head to head antara Jokowi dan Prabowo terbilang jomplang, yakni Jokowi meraih 64% sementara Prabowo 29,8%.

"Jokowi masih menjadi calon terkuat," ujar politisi PDIP Maruarar Sirait mengomentari hasil survei tersebut.

Cyrus Network juga melakukan survei berdasarkan etnisitas. Dari survey tersebut, terpapar data bahwa 71% dari etnis Jawa mendukung Jokowi.

Dari sektor pendidikan, muncul data menarik, yakni pemilih Jokowi dengan tingkat pendidikan di atas SMA lebih rendah daripada pemilih mantan wali kota Solo tersebut yang berasal dari tingkat pendidikan SMP ke bawah, yakni 69,6%, sedangkan pemilih dengan tingkat pendidikan di atas SMA 55,1%.

Sementara itu, pemilih yang tidak menggunakan media sosial juga menyumbang suara tertinggi untuk Jokowi berdasarkan survei Cyrus Network, yakni 69,2%, sedangkan pengguna medsos yang mendukung Jokowi 54,9%.

Terkait hasil survei berdasarkan tingkat pendidikan dan media sosial, Maruarar Sirait mengatakan "Itu tanda Pak Jokowi dekat dengan Wong Cilik."

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
jokowi, prabowo subianto

Editor : Saeno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top