Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kemendes PDTT Gandeng IPB Kembangkan Village Life 4.0.

Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) berkolaborasi dengan Institut Pertanian Bogor (IPB) untuk mengembangkan Village Life 4.0. Program tersebut akan bersinergi dengan Akademi Desa 4.0 sebagai upaya untuk mengakselerasi pembangunan di pedesaan.
Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Eko Putro Sandjojo. /Kemendes
Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Eko Putro Sandjojo. /Kemendes

Bisnis.com, BOGOR - Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) berkolaborasi dengan Institut Pertanian Bogor (IPB) untuk mengembangkan Village Life 4.0. Program tersebut akan bersinergi dengan Akademi Desa 4.0 sebagai upaya untuk mengakselerasi pembangunan di pedesaan.

"Kemiskinan ada di desa-desa. Sebanyak 80% penduduk desa hidup di sektor pertanian," ujar Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT), Eko Putro Sandjojo dalam Kuliah Umum dengan tema Penguatan Kolaborasi Pemerintah - Universitas - Swasta dalam Membangun Desa, di Graha Widya Wisuda IPB, Bogor, Rabu (18/4).

Dia menilai IPB sekolah terbaik untuk pertanian dan berkontribusi di sektor pertanian di desa-desa. Siapa yang bisa memegang sektor pertanian dengan bisnis model yang benar maka pada 2050 dia yang akan menguasai.

Program Village 4.0 merupakan inisiatif IPB. Program tersebut akan berfungsi sebagai pusat informasi dan konsultasi bagi para petani dan peternak. Menteri Eko pun meyakini program tersebut akan selaras dengan Akademi Desa 4.0 yang sedang dikembangkan oleh Kemendes PDTT dan akan diluncurkan pada Mei mendatang.

"Untuk meningkatkan kapasitas pemberdayaan sumber daya manusia di desa, juga akan ada Akademi Desa 4.0. Disitu akan ada pelatihan melalui Youtube, kanal TV pedesaan, dan akan ada sertifikasi dari badan yang kompeten. IPB juga bisa memberikan sertifikasi. Jadi jangan melihat desa sebagai problem tapi sebagai peluang," katanya.

Rektor IPB, Arif Satria mengungkapkan, tantangan pendidikan yang akan dihadapi ke depan akan masuk era disrupsi. Senada dengan Menteri Eko, dirinya pun menegaskan perlunya akselerasi untuk bisa bertahan dan menjadi yang terbaik.

"Dengan keadaan seperti itu, perlu adanya sinergi antara perguruan tinggi, pemerintah, dan pihak swasta. Kami memiliki program Village life 4.0 yang sejalan dengan program Kemendes PDTT,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Fatkhul Maskur
Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper