Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kemendes Optimistis Angkat 15.000 Desa Tertinggal

Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi optimistis sebanyak 15.000 desa tertinggal terangkat menjadi desa berkembang tahun ini. Saat ini, jumlah desa tertinggal mencapai 30.000 desa dari 74.954 desa yang tersebar di Nusantara.
Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Eko Putro Sandjojo. /Kemendes
Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Eko Putro Sandjojo. /Kemendes

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi optimistis sebanyak 15.000 desa tertinggal terangkat menjadi desa berkembang tahun ini. Saat ini, jumlah desa tertinggal mencapai 30.000 desa dari 74.954 desa yang tersebar di Nusantara.

"Saya yakin tahun ini kami berhasil mengentaskan lebih dari 15.000 desa. Kita tunggu hasil yang valid dari sensus data potensi desa 2018 yang dilakukan oleh Badan Pusat Statistik (BPS)," kata Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Eko Putro Sandjojo dalam keterangan tertulis yang diterima Bisnis, Rabu (18/4/2018).

Berbicara pada kuliah umum bertema Penguatan Peran Perguruan Tinggi dalam Pembangunan Desa & Masyarakat Desa guna Mewujudkan Pembangunan Berkelanjutan di Auditorium Utama UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Eko menjelaskan program pembangunan desa.

Berdasarkan RPJMN hingga 2019, Kemendes telah menargetkan penuntasan 5.000 desa tertinggal menjadi berkembang dan 2.000 desa berkembang menjadi desa mandiri. Namun, berdasarkan hasil penelitian dari IPB dan UGM ternyata sudah lebih dari 10.000 desa dari 30.000 desa tertinggal telah terentaskan.

"Desa itu kalau kita bantu pasti akan bangkit. Masuknya dana desa yang dikelola oleh desa telah memiliki dampak yang luar biasa dalam pembangunan desa sejak tahun 2015," katanya.

Kemendes PDTT, kata Eko, telah membuat suatu terobosan untuk meningkatkan pertumbuhan desa dan meningkatkan pendapatan masyarakat desa dengan mengarahkan empat program prioritas kepada desa dalam menggunakan dana desanya.

Ke empat program tersebut masing-masing yakni pengembangan Produk Unggulan Kawasan Perdesaan (Prukades), pembangunan embung, pembentukan badan usaha milik desa (BUMDes) dan pembangunan sarana olahraga.

"Prukades itu yang penting. Desa-desa itu miskin karena desa itu tidak punya akses pasar. Dengan model prukades ini, kita akan pertemukan antara daerah dengan dunia usaha dan perbankan serta dari kementerian terkait untuk membentuk suatu cluster ekonomi dengan skala yang besar agar sarana pasca panennya bisa masuk dan mendapat jaminan harga jualnya lebih baik dari harga produksinya," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Fatkhul Maskur
Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper