Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Gempa 4.4 SR Guncang Banjarnegara: Anak Usia 13 Tahun Meninggal. Korban Luka 20 Orang

Gempa bumi tektonik berkekuatan 4.4 SR membuat sejumlah rumah di wilayah Banjarnegara ambrol dan menimpa korban. Sementara satu orang korban diketahui meninggal dunia akibat gempa tersebut. Sementara korban luka tercatat sebanyak 20 orang.
Ilustrasi : Petugas mengamati grafik seismograf/Antara-Fikri Yusuf
Ilustrasi : Petugas mengamati grafik seismograf/Antara-Fikri Yusuf

Bisnis.com, SEMARANG - Gempa bumi tektonik berkekuatan 4.4 SR membuat sejumlah rumah di wilayah Banjarnegara ambrol dan menimpa korban. Sementara satu orang korban diketahui meninggal dunia akibat gempa tersebut. Sementara korban luka tercatat sebanyak 20 orang. 

Korban meninggal diketahui bernama Asep, 13 tahun, warga Dusun Kasinoman. Korban ditemukan setelah sejumlah relawan gabungan dari unsur TRC BPBD Banjarnegara telah terjun ke lokasi gempa bumi di Desa Kertosari, Dusun Kebakalan, Kecamatan Kalibening.

Tri Sugiarto, seorang relawan TRC BPBD Banjarnegara mengatakan proses evakuasi sedang dikerjakan oleh timnya bersama aparat TNI/Polri.

Menurutnya, banyak tembok rumah warga roboh serta atap bangunan ambrol akibat guncangan gempa bumi berkekuatan 4,4 skala richter.

"Pemukinan warga di Kebakalan Desa Kertosari Kalibening yang dilanda gempa terparah. Di sana terdapat tiga RT dengan jumlah 136 KK kurang lebih 500 jiwa dan hampir 90% pemukiman mengalami kerusakan," kata Tri Rabu sore (18/4/2018).

Tri menuturkan, ada warga yang ditemukan mengalami luka-luka lantaran terkena reruntuhan bangunan. Saat ini, korban gempa sudah dibawa ke puskesmas terdekat. "Ada beberapa warga yang terluka dan sudah dievakuasi," ujarnya.

Untuk warga lainnya, kata Tri, sementara diungsikan ke rumah yang aman di Dusun Gunung Tawang. Tim TRC BPBD Banjarnegara sudah di lokasi dan sedang melakukan pendataan.

Lebih lanjut Tri mengimbau agar masyarakat setempat tetap tenang dan tidak terpengaruh informasi yang tidak jelas. "Kami saat ini sedang melakukan evakuasi dan pencarian korban gempa," katanya.

Gempa tektonik berkekuatan 4.4 SR mengguncang Banjarnegara pada pukul 13.28 WIB. Pusat gempa berada di darat pada kedalaman 4 kilometer, 52 kilometer utara Kebumen.

Gempa tersebut tidak berpotensi tsunami, dan terjadi akibat aktivitas patahan atau sesar lokal, demikian ,menurut Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Saeno

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper