Kepala CIA 'Diam-diam' Bertemu Kim Jong Un

Dilansir reuters, pertemuan Pompeo ini memicu kepercayaan Presiden Donald Trump bahwa negosiasi produktif Korea Utara mungkin terjadi, walaupun masih jauh dari kata pasti, menurut seorang pejabat AS yang tak ingin disebut namanya.
Aprianto Cahyo Nugroho | 18 April 2018 08:13 WIB
Mike Pompeo - reuters

Kabar24.com, JAKARTA – Calon Menteri Luar Negeri AS dan Direktur CIA Mike Pompeo melakukan kunjungan rahasia ke Korea Utara selama libur Paskah akhir pekan dan bertemu dengan pemimpin Korea Utara Kim Jong Un.

Dilansir reuters, pertemuan Pompeo ini memicu kepercayaan Presiden Donald Trump bahwa negosiasi produktif Korea Utara mungkin terjadi, walaupun masih jauh dari kata pasti, menurut seorang pejabat AS yang tak ingin disebut namanya.

Trump mengatakan sebelumnya pada Selasa (17/4/2018) bahwa AS terlibat dalam pembicaraan langsung pada "tingkat yang sangat tinggi" dengan Korea Utara untuk mencoba mengatur pertemuan antara dia dan pemimpinnya, Kim Jong Un.

Trump menebarkan kebingungan dengan menyarankan dia telah berbicara langsung dengan Kim, tetapi kemudian mengklarifikasi dengan mengatakan: "Mari kita turun sedikit dari level tertinggi."

Juru bicara kepresidenan Sarah Sanders menambahkan bahwa Presiden mengatakan pemerintah telah melakukan pembicaraan di tingkat tertinggi dan bahwa mereka tidak berbicara secara langsung.

Ketika ditanya tentang Pompeo, dia berkata: "Pemerintah tidak mengomentari perjalanan direktur CIA."

Perjalanan Pompeo membuatnya menjadi pejabat paling senior AS yang pernah mengunjungi Korea Utara setelah mantan kepala CIA James Clapper pada tahun 2014 silam.

Komentar presiden tersebut terjadi saat Trump dan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe membuka pembicaraan dua hari di resor Mar-a-Lago di Palm Beach, Florida.

Trump mengatakan dia yakin ada banyak itikad baik dalam mendorong hubungan diplomatik dengan Korea Utara, tetapi menambahkan kemungkinan pertemuan tersebut tidak akan terjadi.

Upaya untuk mengatur pertemuan yang belum pernah terjadi sebelumnya antara AS dan para pemimpin Korea Utara telah membantu meredakan ketegangan atas pengembangan rudal nuklir Pyongyang yang mampu menyerang AS. Kim telah setuju untuk membahas denuklirisasi, menurut pejabat AS dan Korea Selatan.

"Kami telah melakukan pembicaraan langsung di tingkat yang sangat tinggi dengan Korea Utara. Saya benar-benar percaya ada banyak itikad baik; banyak hal baik sedang terjadi." Trump mengatakan pada wartawan, seperti dikutip Reuters.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
kim jong un, Donald Trump

Editor : Mia Chitra Dinisari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top