Pertemuan Wiranto - SBY Penjajakan untuk Cari Kawan

Pertemuan antara Wiranto dan Susilo Bambang Yudhoyono diyakini sebagai pertemuan penjajakan untuk melihat potensi kawan menghadapi Pemilu 2019.
MG Noviarizal Fernandez | 18 April 2018 22:53 WIB
Wiranto - Reuters/Beawiharta

Bisnis.com, JAKARTA- Pertemuan antara Wiranto dan Susilo Bambang Yudhoyono diyakini sebagai pertemuan penjajakan untuk melihat potensi kawan menghadapi Pemilu 2019.

Toto Sugiarto, Direktur Eksekutif Riset Indonesia mengatakan bahwa menjelang kontestasi tiap kubu perlu menjalin komunikasi. Apalagi tahun depan pelaksanaan pemilihan legislatif dan presiden digelar bersamaan.

“Yang dihadapi saat ini berbeda. Kalau dulu setelah Pileg baru menjalin komunikasi untuk Pilpres, tapi  [sekarang] karena bersamaan maka komunikasi mulai dijalankan. Setelah bertemu dan berkomunikasi kemudian mencari titik temu dan lain sebagainya, untuk kepentingan baik saat kontestasi dan setelah kontestasi,” ujar Toto saat dihubungi, Rabu (18/4/2018).

Meski demikian, lanjutnya, pertemuan tersebut belum mengarah pada terbentuknya koalisi serta pengajuan pasangan dalam Pilpres. Wiranto, lanjutnya, yang membawa kepentingan Joko Widodo sebagai penguasa, tentu ingin melihat semua peta kekuatan.

Di kubu Susilo Bambang Yudhoyono, menurut Toto, komumikasi ini penting dilakukan untuk melihat kekuatan riil yang dihadapi dalam kontestasi mendatang. Menurutnya, pertemuan tersebut akan menjadi landasan penentuan sikap Partai Demokrat menjelang pendaftaran calon Presiden pada akhir Juli atau Agustus 2018.

“Demokrat bisa ke kiri dan ke kanan tapi nanti jelang pencalonan dinamika akan lebih kencang dan tentu pertemuan awal ini jadi landasan,” pungkasnya.

Seperti diketahui, Menteri Koordinator Politik dan Keamanan Wiranto menggelar pertemuan dengan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di kawasan Mega Kuningan, Rabu siang. Menurutnya, pertemuan itu berkaitan dengan jabatannya sebagai menteri yang turut membidangi persoalan politik.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
wiranto

Editor : Saeno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top