Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Polri dan Kemenkominfo Dalami Bersama Kasus Kebocoran Data Facebook

Polri dan Kemenkominfo sepakat bersama-sama menangani masalah kebocoran data facebook secara mendalam.
Kepala Biro Penerangan Masyarakat Mabes Polri Brigjen Pol Muhammad Iqbal/Bisnis.com-Sholahuddin Al Ayubi
Kepala Biro Penerangan Masyarakat Mabes Polri Brigjen Pol Muhammad Iqbal/Bisnis.com-Sholahuddin Al Ayubi

Bisnis.com, JAKARTA -  Polri dan Kemenkominfo sepakat  bersama-sama menangani masalah kebocoran data facebook secara mendalam.

Seperti diketahui, diduga terjadi kebocoran data pribadi para pengguna jejaring sosial Facebook di Indonesia untuk kepentingan pihak-pihak tertentu.

"Polri dan Kemenkominfo sepakat untuk bekerja sama menangani masalah ini dengan serius," kata Karopenmas Polri Brigjen Pol Mochammad Iqbal di Mabes Polri, Jakarta, Senin (16/4/2018).

Sebagai salah satu jejaring sosial terbesar, menurutnya, Facebook telah beberapa kali membiarkan konten-konten hoaks dibagikan para penggunanya.

"Seperti kasus Rohingya di Myanmar yang juga dibenarkan oleh Facebook," ucapnya.

Ia juga mencontohkan konflik agama di Sri Lanka dipicu oleh pemberitaan yang disebar melalui Facebook. "Pertikaian antara umat Muslim dan Hindu di Sri Lanka menjadi semakin parah dengan adanya pemberitaan melalui Facebook," ujarnya.

Iqbal mengimbau para pengguna Facebook yang merasa data pribadinya disalahgunakan oleh pihak lain agar melapor ke Kepolisian.

"Polri mengimbau kepada masyarakat untuk segera melaporkan ke Dittipidsiber Bareskrim Polri," katanya.

Ia menambahkan polisi belum bisa memastikan kemungkinan Facebook telah melakukan tindak pidana. Hal ini masih diselidiki. "Ada atau tidaknya dugaan tindak pidana sangat ditentukan berdasarkan temuan fakta dan bukti yang ada di lapangan," tuturnya.

Polisi, menurut dia, segera memanggil perwakilan Facebook Indonesia untuk dimintai keterangan.

Sebagai media sosial yang populer, Facebook dikhawatirkan dapat dimanfaatkan pihak-pihak tertentu untuk mengganggu keamanan dan ketertiban masyarakat.

"Polri maupun Kemenkominfo turut mengkhawatirkan jika Facebook dijadikan alat demi kepentingan individu untuk melakukan perbuatan tidak bertanggung jawab," ucap Iqbal.

Ia menambahkan pihaknya belum bisa memperkirakan sanksi yang nantinya akan dijatuhkan kepada Facebook.

"Bentuk tindakan yang akan diberikan kepada Facebook masih dipertimbangkan oleh Kemenkominfo selaku regulator," imbuhnya.

Menurutnya jika Facebook ingin tetap beroperasi di Indonesia, mereka diminta menaati peraturan dan norma-norma yang berlaku.

"Sejauh Facebook dapat memenuhi standar yang berlaku sesuai norma, etika dan adat istiadat yang ada di Indonesia maka keberadaannya akan tetap terjamin di Indonesia," ujarnya.

Mantan Kapolrestabes Surabaya itu juga meminta masyarakat turut membantu mengawasi konten-konten yang ada di media sosial.

"Seluruh masyarakat untuk turut serta menjadi bagian pengawasan dari setiap informasi yang ada di media sosial Facebook," kata Iqbal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Saeno
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper