Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

3 Merk Ikan Kaleng Makarel Mengandung Cacing Ditemukan di Palu

Balai Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) di Palu menemukan lagi tiga merek ikan makarel kalengan bercacing di empat tempat di Kota Palu
ikan sarden kalengan impor./Istimewa
ikan sarden kalengan impor./Istimewa

Kabar24.com, JAKARTA - Balai Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) di Palu menemukan lagi tiga merek ikan makarel kalengan bercacing di empat tempat di Kota Palu .

Tiga merek ikan makarel bercacing itu ditemukan pada pemeriksaan Kamis, 29 Maret 2018 yakni ABC makarel dalam saus tomat dan ekstra pedas, GAGA makarel saus tomat dan cabai dan MAYA makarel saus tomat.

Kepala BPOM Palu Safriansyah Minggu di Palu menjelaskan tiga merek ikan makarel kalengan bercacing tersebut ditemukan masing-masing di gudang Bumi Nyiur Swalayan (BNS), gudang Transmart Carefour, gudang Alfamidi dan CV. Jaya Makmur Sakti selaku distributor produk ikan makarel kalengan merek ABC.

"Di gudang BNS ditemukan 46 kaleng merek ABC, 37 kaleng merek ABC di gudang Alfamidi, 5 kaleng merek GAGA dan 7 kaleng merek MAYA di Transmart Carefour," jelasnya seperti dilansir Antara.

Pada pemeriksaan di CV. Jaya Makmur Sakti, kata Safriansyah, timNya menemukan 772 kaleng makarel merek ABC terdiri atas 372 kaleng ABC makarel dalam saus tomat dan 400 kaleng ABC makarel saus ekstra pedas.

Ratusan ikan makarel kalengan bercacing tersebut lanjut Safriansyah, dipastikan telah ditarik dari peredaran setelah diinstruksikan oleh BPOM di Palu.

"Untuk CV. Jaya Makmur Sakti sudah menerima surat dari PT. Heinz ABC Indonesia untuk menarik semua produk ABC makarel di pasaran,"ujarnya.

Ia mengimbau kepada sarana distribusi maupun sara penjualan di Kota Palu yang masih menyimpan atau menjual produk ikan makarel bercacing yang dimaksud untuk secepatnya ditarik dari peredaran.

"Untuk sementara masyarakat diminta agar waspada makan ikan makarel dalam kaleng,"imbaunya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Abdalah Gifar
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper