John Bolton Akan Gantikan McMaster Jadi Penasihat Keamanan Nasional Trump

John Bolton, seorang ahli politik luar negeri yang terkenal, akan menggantikan H.R. McMaster sebagai penasihat keamanan nasional Presiden Donald Trump. Ini merupakan langkah terbaru dalam perombakan yang sedang berlangsung atas para penasihat utama presiden.
Aprianto Cahyo Nugroho | 23 Maret 2018 09:47 WIB
John Bolton - Reuters

Kabar24.com, JAKARTA – John Bolton, seorang ahli politik luar negeri yang terkenal, akan menggantikan H.R. McMaster sebagai penasihat keamanan nasional Presiden Donald Trump. Ini merupakan langkah terbaru dalam perombakan yang sedang berlangsung atas para penasihat utama presiden.

Dalam sebuah tweet di akun resminya, Kamis (22/3/2018), Trump mengatakan Bolton yang juga mantan duta besar AS untuk PBB akan mengambil alih jabatan tersebut pada 9 April.” McMaster telah melakukan pekerjaan luar biasa dan akan selalu menjadi teman saya," tulis Trump, seperti dikutip CNBC.

Dilansir CNBC, Bolton merupakan penasihat yang dianggap ahli dan lebih mendukung intervensi militer di seluruh dunia daripada McMaster.

Dalam pernyataan terpisah, McMaster mengatakan dia meminta pensiun dari Angkatan Darat musim panas ini, dan akan meninggalkan jabatannya sebagai pejabat public. Minggu lalu, Gedung Putih menolak serangkaian laporan yang mengatakan McMaster akan segera keluar.

Keluarnya McMaster hanyalah serangkaian kepergian pejabat pemerintahan Trump yang diumumkan dalam dua minggu terakhir. Larry Kudlow baru-baru ini menggantikan Gary Cohn sebagai direktur Dewan Ekonomi Nasional, sementara Mike Pompeo akan menggantikan Rex Tillerson sebagai Menteri Luar Negeri setelah mendapat konfirmasi Senat.

Bersama dengan Cohn dan Tillerson, McMaster dianggap sebagai suara yang lebih moderat di Gedung Putih yang mengendalikan impuls presiden. Bolton tidak hanya mengambil sikap hawkish terhadap Korea Utara, tetapi juga menganjurkan untuk membatalkan kesepakatan nuklir Iran.

Dalam wawancara dengan Fox News pada Kamis malam, Bolton mengatakan pandangan pribadi bahwa masa lalunya sudah ia tinggalkan.

Gesekan antara McMaster dan Trump

McMaster akan menjadi penasihat keamanan nasional kedua yang meninggalkan pekerjaan sejak Trump menjabat tahun lalu. Dia memiliki tugas memberikan arahan bagi presiden yang sering mengungkapkan pemikiran mengenai situasi keamanan nasional tanpa menyaringya terlebih dahulu, seperti program senjata Korea Utara dan kesepakatan nuklir Iran.

Sejak menjabat, McMaster telah menghadapi kritik dari beberapa pendukung Trump yang telah menyerangnya sebagai "globalis." McMaster memicu kemarahan Trump bulan lalu dengan mengatakan bukti bahwa Rusia ikut campur dalam pemilihan AS 2016 adalah "tak terbantahkan," menyusul lebih dari sejumlah dakwaan dari kantor penasihat khusus Robert Mueller.

Pengamat kebijakan luar negeri mengatakan digantikannya MCMaster oleh Bolton akan memiliki implikasi langsung untuk kebijakan terhadap Iran dan Korea Utara.

“Langkah tersebut adalah berita buruk bagi mereka yang berharap kesepakatan Iran akan bertahan," ungkap Harry Kazianis, direktur studi pertahanan di Center for the National Interest, seperti dikutip CNBC.

Tag : Donald Trump
Editor : Mia Chitra Dinisari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top