Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jelang Harsiarnas Ke-85, KPID Gelar Bedah Buku Jurnalisme

Komisi Penyiaran Indonesia Daerah Sulawesi Tengah menggandeng Perpustakaan Nemu Buku menyelenggarakan acara bedah buku karya Bill Kovach dan Tom Rosenstial yang berjudul Sembilan Elemen Jurnalisme.
Bill Kovach/youtube
Bill Kovach/youtube

Bisnis.com, JAKARTA--Komisi Penyiaran Indonesia Daerah Sulawesi Tengah menggandeng Perpustakaan Nemu Buku menyelenggarakan acara bedah buku karya Bill Kovach dan Tom Rosenstial yang berjudul Sembilan Elemen Jurnalisme.

Diskusi buku ini merupakan salah satu rangkaian acara untuk menyambut Hari ‎Penyiaran Nasional (Harsiarnas) ke-85 di Palu, Sulawesi Tengah, pada 1 April mendatang.

Komisioner KPID Sulawesi Tengah, Masbait mengemukakan alasan KPID mengangkat tema jurnalisme dalam bedah buku tersebut karena dewasa ini peranan jurnalis dinilai sangat penting. Menurutnya, Jurnalisme yang sehat harus berlandaskan kebenaran dan hati nurani.

"Melalui bedah buku ini diharapkan bisa menjadi pengingat bahwa etika jurnalisme‎ harus dikedepankan oleh jurnalis," tuturnya, Jumat (23/3/2018).

Jelang Harsiarnas Ke-85, KPID Gelar Bedah Buku Jurnalisme

Buku The Elements of Journalism/popbites.tumblr.com

Sementara itu, Komisioner KPI Pusat Ubaidillah mengatakan momentum Harsiarnas ke-85 harus dijadikan refleksi perjalanan jurnalisme di Tanah Air.

Menurutnya, seorang jurnalis tidak boleh mengesampingkan etika jurnalisme hanya karena mengejar kecepatan informasi, namun akhirnya pemberitaan yang disampaikan kepada publik tidak akurat.

"Ini dapat menjadi momentum kita untuk memperbaiki dunia penyiaran. Jangan sampai etika jurnalisme dikesampingkan hanya untuk mengejar kecepatan informasi. Jadi semuanya itu harus akurat," tegasnya.

Acara bedah buku dihadiri perwakilan dari KPID Sulteng, jurnalis setempat dan mahasiwas. Acara bedah buku dipandu Neni Muhidin, Pimpinan Perpustakaan Nemu Buku.

Bill Kovach adalah jurnalis Amerika Serikat, mantan kepala biro The New York Times di Washington. Kovach juga pernah menjadi editor di Atlanta Journal-Constitution, serta menjadi co-author  buku The Elements of Journalism: What Newspeople Should Know and The Public Should Expect.

Berikut salah satu wawancara Kovach terkait berita dan kebenaran, dikutip dari Youtube.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Saeno

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper