Megawati Soekarnoputri Sambangi Istana

Presiden menggelar pertemuan dengan pengurus Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) pasca perubahannya dari Unit Kerja Presiden Pembinaan Ideologi Pancasila (UKP PIP).
Amanda Kusumawardhani | 22 Maret 2018 12:44 WIB
Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri (kanan) didampingi Ketua Bidang Politik dan Keamanan (nonaktif) PDIP Puan Maharani (kiri). - Antara

Kabar24.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menggelar pertemuan dengan pengurus Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) pasca-perubahan nama dari Unit Kerja Presiden Pembinaan Ideologi Pancasila (UKP PIP).

Pertemuan yang digelar di Istana Negara pada Kamis (22/3/2018), antara lain dihadiri Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Yasonna H. Laoly, Menteri Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Asman Abnur, serta jajaran pengurus BPIP.

Perubahan UKP PIP menjadi BPIP berdasarkan atas Peraturan Presiden Nomor 7 Tahun 2018. Presiden Jokowi telah menandatangani Perpres tersebut 28 Februari. Tak hanya itu, perubahan nama dari unit ke badan menjadikan organisasi ini selevel dengan kementerian.

"Memang akan memungkinkan kami bekerja lebih cepat dan lebih luas. Kita tidak perlu lagi dilantik karena pergantian hanya dengan nomenklatur baru," ucap Ketua Dewan Pengarah BPIP Megawati Soekarnoputri.

Megawati mengungkapkan sebagai Ketua Dewan Pengarah BPIP, pihaknya merasa kewalahan karena tingginya minat masyarakat untuk mendapatkan sosialisasi mengenai Pancasila.

"Memang karena kami dari dewan pengarah sudah berumur kalau lihat tapi semangatnya luar biasa," ucapnya.

Berdasarkan Perpres Nomor 7 Tahun 2018, BPIP bertugas melaksanakan penyusunan standardisasi pendidikan dan pelatihan, menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan, serta memberikan rekomendasi berdasarkan hasil kajian terhadap kebijakan atau regulasi yang bertentangan dengan Pancasila kepada lembaga tinggi negara, kementerian/lembaga, pemerintahan daerah, organisasi sosial politik, dan komponen masyarakat lainnya.

Susunan organisasi BPIP terdiri atas ketua dan anggota. Dewan Pengarah berjumlah paling banyak 11 orang terdiri atas unsur tokoh kenegaraan, tokoh agama dan masyarakat, tokoh purnawirawan TNI, Polri, PNS, dan akademisi.

Adapun, Ketua Dewan Pengarah BPIP adalah Megawati Soekarnoputri dengan anggota Try Sutrisno, Ahmad Syafii Ma'arif, Said Agil Siradj, Ma'ruf Amin, Mahfud MD, Sudhamek, Andreas Anangguru Yewangoe, dan Wisnu Bawa Tenaya, serta Kepala UKP PIP Yudi Latief.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
megawati

Editor : Nancy Junita

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top