Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Peneliti Buktikan Penumpang Lebih Stres Berkendara Teknologi Kemudi Mandiri

Naik kendaraan dengan teknologi kemudi mandiri menjadi pengalaman yang membuat penumpang lebih stres ketimbang dengan naik mobil biasa, demikian satu studi yang disiarkan pada Senin (19/3/2018) oleh Kempten University of Applied Sciences.
Mobil Swakemudi Tesla/tesla.com
Mobil Swakemudi Tesla/tesla.com

Kabar24.com, BERLIN - Naik kendaraan dengan teknologi kemudi mandiri menjadi pengalaman yang membuat penumpang lebih stres ketimbang dengan naik mobil biasa, demikian satu studi yang disiarkan pada Senin (19/3/2018) oleh Kempten University of Applied Sciences.

"Kami ingin meneliti bagaimana mobil masa depan harus dirancang agar manusia bisa mempercayai kendaraan yang mereka naiki," kata penulis studi tersebut Bernhard Schick kepada pers mengenai alasan di balik penelitiannya.

Namun bertolak-belakang dengan kebijakan yang diterima banyak pihak, teknologi yang ada bagi kendaraan yang jalan sendiri tampaknya diterima sebagai faktor yang mengakibatkan stres tambahan dan bukan dipandang sebagai bantuan yang bermanfaat.

Schick sampai pada kesimpulan yang mengejutkan itu setelah melakukan percobaan dengan 50 peserta studi, yang berusia antara 18 dan 65 tahun dan dipantau saat mereka nik mobil dengan sistem pengaturan jalur modern, demikian laporan Xinhua --yang dipantau di Jakarta, Selasa (20/3/2018) pagi.

Sistem itu dirancang untuk menjamin pengemudi tidak keluar dari jalurnya ketika mereka kehilangan konsentrasi, misalnya, karena kelelahan.

"Tingkat stres naik pada semua orang yang dites segera setelah sistem jalan-di-jalur diaktifkan," kata Corinna Seidler, ahli ilmu jiwa yang terlibat dalam percobaan tersebut, dalam kesimpulannya.

Seidler menjelaskan kondisi itu terutama terjadi karena perasaan yang asing mengenai menyerahkan kendali atas mobil yang melaju cepat pada mesin, serta kecenderungan sistem untuk gagal pada kondisi tertentu. Wanita ilmuwan tersebut sering berpendapat bahwa akan diperlukan waktu sampai sistem jalan-di-jalur, apalagi kendaraan yang sepenuhnya mandiri, bisa memberi rasa keamanan yang cukup kepada penumpang.

Schick juga mengatakan bahwa, setidaknya untuk saat ini, teknologi itu "tidak cukup canggih" untuk menjamin bahwa kecelakaan dapat sepenuhnya dicegah. Walaupun berbagai studi telah meramalkan bahwa peningkatan jumlah mobil yang melaju sendiri di jalan akan menghasilakn penurunan kematian yang berkaitan dengan kecelakaan lalu-lintas, pernyataan optimistis semacam itu bukan tak diperdebatkan di kalangan ahli.

Namun, peraturan lalu-lintas Jerman sudah membuat ketentuan terbatas bagi penggunaan kendaraan yang melaju sendiri untuk tujuan tes di jalan raya negeri tersebut. Selain itu, instalasi penelitian baru yang sebagian didanai pemerintah, yang telah dinamakan "pusat paling modern bagi kendaraan bekemudi otonomi" di Jerman dan akan menguras dana 15 juta euro (18,47 juta dolar AS) secara keseluruhan biaya pembangunan, dijadwalkan dibuka di Bavaria pada 2019.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Nancy Junita
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper