Media Sosial Jadi Pelarian Anak Muda Arab Saudi

Meski Arab Saudi sering dianggap sebagai negara yang tertutup, tapi media sosial tetap populer di kalangan generasi mudanya.
Annisa Margrit | 20 Maret 2018 07:48 WIB
Ilustrasi WhatsApp. - Bloomberg/Chris Ratcliffe

Bisnis.com, JAKARTA -- Meski Arab Saudi sering dianggap sebagai negara yang tertutup, tapi media sosial tetap populer di kalangan generasi mudanya.

Dilansir dari CBS News, Selasa (20/3/2018), Twitter dan Instagram adalah dua media sosial yang banyak digunakan oleh anak-anak muda Arab Saudi. Aplikasi pesan seperti Snapchat dan Whatsapp juga populer karena bisa menjadi alat komunikasi tertutup yang relatif aman antara laki-laki dan perempuan yang belum menikah.

Media sosial disebut sebagai pelarian dari ketatnya ketentuan hukum Islam yang diberlakukan di negara Timur Tengah itu.

Maraknya penggunaan media sosial diakui oleh Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman. Putra dari Raja Salman ini pun tidak bisa dipisahkan dari gawainya.

"Saya tidak bisa mengklaim berperan dalam hal ini. Warga Arab Saudi sudah lama dan selalu terbuka terhadap media sosial serta teknologi," ujarnya.

Pada Oktober 2017, Arab Saudi mengumumkan kehadiran robot bernama Sophia. Robot humanoid itu diberi status kewarganegaraan oleh Pemerintah Arab Saudi.

Langkah tersebut dinilai menunjukkan keinginan negara itu untuk menjadi tempat pengembangan teknologi dan kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI).

Mohammed bin Salman akan berada di AS selama dua pekan, mulai hari ini, dalam rangka kunjungan kenegaraan. Dia akan bertemu dengan Presiden AS Donald Trump dan mengunjungi berbagai kota termasuk Silicon Valley di California.

Sumber : CBS News

Tag : arab saudi
Editor : Annisa Margrit

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top