Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ke Yogyakarta, Tjahjo Kumolo Nikmati Bakso Bethesda

Setiap kali kunjungan ke daerah, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo menyempatkan diri untuk menikmati kuliner khas di daerah. Bersantap kuliner menjadi satu cara agar bisa lebih segara dan kembali semangat bekerja.
Mendagri Tjahjo Kumolo saat menikmati menu bakso di Yogyakarta/Humas Kemendagri
Mendagri Tjahjo Kumolo saat menikmati menu bakso di Yogyakarta/Humas Kemendagri

Kabar24.com, JAKARTA — Setiap kali kunjungan ke daerah, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo menyempatkan diri untuk menikmati kuliner khas di daerah. Bersantap kuliner menjadi satu cara agar bisa lebih segara dan kembali semangat bekerja.

Dikutip dari keterangan resmi Kemendagri, Selasa (20/3/2018), seusai menghadiri acara kirab pusaka di Keraton Surakarta, Tjahjo Kumolo melawat ke Yogyakarta. Di sana, dia mengajak singgah di sebuah warung bakso. Warung bakso itu, hanya sebuah gerobak bakso di trotoar jalan, pinggir Rumah Sakit Bethesda, Yogyakarta.

Meski hanya warung bakso di emperan, Tjahjo Kumolo terlihat begitu menikmati santapan khas itu. Warung bakso bethesda ini lokasinya tepat di tikungan Jalan Juhar Nurhadi atau bersebelahan persis dengan Sekolah Tinggi Kesehatan (Stikes) Bethesda. Harga semangkuk bakso di tempat ini kisaran Rp15.000-Rp18.000.

Tidak hanya hobi makan, Tjahjo juga punya segudang referensi tempat makan enak di berbagai daerah. Dia cukup hapal makanan enak apa di daerah yang akan dikunjunginya. Bahkan, sampai nama tempat makannya.

"Di Klaten itu yang terkenal adalah sop ayam Pak Min. Nanti kita coba makan di sana," kata Tjahjo.

Demikian saat ke Bali menghadiri acara Ngaben istri Raja Ubud terakhir di Ubud. Usai acara Ngaben, Tjahjo mengajak bersantap siang di Warung Mak Beng di kawasan Sanur.

Warung Mak Beng, terkenal dengan menu sop kepala ikannya. Sambil  menikmati semangkuk sop kepala ikan, bersama kerupuk udang,  Tjahjo mengungkapkan alasannya makan di warung Mak Beng.

Kata dia, warung Mak Beng, adalah warung makan favorit Presiden ke-5 Megawati Soekarnoputri. Setiap datang ke Pulau Dewata, Megawati selalu menyempatkan makan di warung Mak Beng.

Tjahjo juga tak pernah lupa, tempat makannya yang sering dikunjungi sejak kecil. Seperti saat hendak pergi ke Grobogan, tiba-tiba selepas keluar dari Bandara Ahmad Yani Semarang, mobilnya berbelok ke sebuah gang kecil di pojok kota Semarang.

Dalam setiap pidatonya, Tjahjo juga sering menyelipkan ceritanya yang hobi  kuliner. Sering pula, dia mengingatkan agar pemerintah daerah menghargai bahkan harus mengangkat kuliner khasnya.  Setiap daerah harusnya punya kuliner yang  jadi ikon daerah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper