Setelah Swedia, Diplomat Korut Sambangi Finlandia Bahas Rencana Perundingan Damai

Choe Kang Il, Deputi Direktur Jenderal (Dirjen) untuk Urusan Amerika Utara Kementerian Luar Negeri (Kemlu) Korea Utara (Korut), berangkat ke Helsinki pada Minggu (18/3/2018) waktu setempat.
Annisa Margrit | 18 Maret 2018 16:28 WIB
Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un berjabat tangan dengan Chung Eui-yong, yang memimpin delegasi khusus Presiden Korea Selatan, dalam foto yang dikeluarkan oleh Kantor Berita Pusat Korea Utara (KCNA) pada 6 Maret 2018. - Reuters

Bisnis.com, JAKARTA -- Setelah Swedia, sekarang diplomat Korea Utara menyambangi Finlandia untuk bertemu dengan mantan pejabat AS dan Korea Selatan.

Choe Kang Il, Deputi Direktur Jenderal (Dirjen) untuk Urusan Amerika Utara Kementerian Luar Negeri (Kemlu) Korea Utara (Korut), berangkat ke Helsinki pada Minggu (18/3/2018) waktu setempat.

Reuters melansir, Kemlu Korea Selatan (Korsel) menyatakan Korut akan menghadiri pertemuan antara mantan pejabat dan akademisi Korsel. Namun, tidak disebutkan detil lebih jauh mengenai hal tersebut.

Choe juga diketahui akan bertemu dengan mantan petinggi AS. Ketika ditemui awak media di Capital International Airport di Beijing, China sebelum bertolak menuju Finlandia, Choe menolak berkomentar.

Pertemuan tersebut menambah bumbu rencana dialog antara Korut, Korsel, dan AS yang direncanakan berlangsung pada April serta Mei 2018.

Pekan lalu, Menteri Luar Negeri (Menlu) Korut bertemu dengan Menlu Swedia selama tiga hari. Pembicaraan tersebut membahas persiapan keamanan sebelum Kim Jong Un bertemu dengan Presiden AS Donald Trump.

Ketegangan di Semenanjung Korea sedikit mencair setelah penyelenggaraan Olimpiade Musim Dingin 2018 yang digelar di Pyeongchang, Korsel pada Februari 2018. Dalam perhelatan tersebut, kontingen Korsel dan Korut berjalan di bawah bendera unifikasi Korea.

Sumber : Reuters

Tag : korea utara
Editor : Annisa Margrit

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top