Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tip Sukses Ketum PPP : 3N

Ketua Umum PPP M Romahurmuziy berbagi kiat sukses pada ribuan santri saat menjadi pembicara utama seminar di Pondok Pesantren Amanatul Ummah, Pacet, Mojokerto, Jawa Timur, Jumat (16/3/2018) malam.
Muhammad Romahurmuziy/Antara
Muhammad Romahurmuziy/Antara

Kabar24.com, MOJOKERTO - Ketua Umum PPP M Romahurmuziy berbagi kiat sukses pada ribuan santri saat menjadi pembicara utama seminar di Pondok Pesantren Amanatul Ummah, Pacet, Mojokerto, Jawa Timur, Jumat (16/3/2018) malam.

Menurut Rommy, sapaan akrabnya, untuk menjadi orang sukses salah satunya dengan berguru pada orang sukses.

"Adik-adik beruntung sudah tepat belajar kepada KH Asep Saifuddin Chalim," kata Rommy menyebut kiai pendiri pondok tersebut.

Menurut dia, kesuksesan tidak hanya keberhasilan di dunia, tapi juga di akhirat. Keduanya hanya dapat diraih dengan ilmu.

"Oleh karena itu, belajar itu wajib," kata cicit pendiri NU KH Wahab Hasbullah itu.

Ia menyebut Nabi Muhammad adalah contoh sempurna sebagai seorang manusia sukses dan role model terbaik manusia yang memiliki berbagai fungsi mulai dari sebagai politisi, pemimpin negara bahkan pengusaha.

"Rumus menjadi orang sukses itu 3 N, yaitu nasab (garis keturunan), nishob (ukuran) ilmunya, dan nasib. Yang bisa mengubah nasib itu ikhtiar dan doa," katanya.

Rommy pun berpesan agar para santri menghormati orang tua karena dia mereka menegaskan paling mustajab.

Ia juga menyebutkan lima jenis manusia berdasarkan manfaatnya, yaitu manusia wajib yang keberadaannya menyelesaikan persoalan, manusia sunah yang datangnya memberi manfaat, manusia mubah yang keberadaannya sama dengan ketiadaannya.

"Manusia makruh datang merepotkan perginya menyelesaikan persoalan, dan manusia haram yang adanya membawa persoalan," kata Rommy.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Nancy Junita
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper