Libur Nyepi, 17.600 Lampu Jalan di Denpasar Dipadamkan

Dinas Perhubungan Kota Denpasar memadamkan sekitar 17.600 lampu penerangan jalan umum atau LPJU saat pelaksanaan Hari Suci Nyepi pada 17 Maret 2018.
Ema Sukarelawanto | 14 Maret 2018 16:59 WIB
Para remaja mengarak Ogoh-Ogoh atau boneka raksasa yang melambangkan sifat buruk dalam parade Ogoh-Ogoh 2017 menjelang Hari Raya Nyepi Tahun Saka 1939 di Desa Tegallalang, Gianyar, Bali, Minggu (26/3). Arak-arakan Ogoh-Ogoh tersebut untuk menetralisir hal-hal negatif dan mengembalikannya ke asalnya sehingga Hari Raya Nyepi dapat dilaksanakan dengan penuh keheningan dan kedamaian. ANTARA FOTO - Nyoman Budhiana

Bisnis.com, DENPASAR—Dinas Perhubungan Kota Denpasar memadamkan sekitar 17.600 lampu penerangan jalan umum atau LPJU saat pelaksanaan Hari Suci Nyepi pada 17 Maret 2018.

Kepala Bidang Pengendalian Operasi, Dinas Perhubungan Kota Denpasar I Ketut Sriawan mengatakan Nyepi tahun ini bersamaan dengan Hari Saraswati sehingga pihaknya perlu melakukan penyesuaian pemadaman LPJU.

Kata dia keputusan Majelis Madya Desa Pekraman Denpasar menyebut prosesi perayaan Hari Saraswati dilaksanakan sebelum pukul enam pagi sebelum memasuki Hari Suci Nyepi. 

“Pemadaman kami lalukan pada pukul 03.00 dini hari, Sabtu 17 Maret, kecuali LPJU yang berada di kawasan pura dilakukan sesuai imbauan Majelis Madya Desa Pekraman Denpasar, yakni dipadamkan jam 5 pagi,” katanya hari ini Rabu (14/3/2018).

Menurut Sriawan terdapat 668 unit panel lampu LPJU yang dilakukan pemantauan oleh petugas Penerangan Jalan Umum (PJU) Dinas Perhubungan Kota Denpasar. Sebanyak 85 orang petugas akan memantau di titik panel tersebut. 

Tentu hal ini juga merujuk terhadap keputusan Majelis Madya Desa Pekraman Denpasar yang mengharapkan Dishub dapat memadamkan LPJU pada pukul 05.00 pagi terkait dengan perayaan Hari Suci Saraswati. 

“Bertepatan Nyepi dengan Saraswati kami telah melakukan koordinasi dengan Majelis Madya Desa Pekraman Denpasar untuk kenyamanan umat Hindu Kota Denpasar dalam pelaksanaan Hari Suci Sarawati,” ujar Sriawan. 

Di samping menyiapkan petugas LPJU, Dishub juga menyiagakan 79 petugas Dishub untuk mengatur arus lalu lintas saat pawai ogoh-ogoh berkoordinasi dengan pihak kepolisian. 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
nyepi

Editor : Sutarno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top