Pilgub Kalbar 2018 : Milton-Boyman Terpopuler

Persaingan kandidat pemimpin Provinsi Kalimantan Barat kian ketat setelah memasuki masa kampanye Pilkada 2018.
MG Noviarizal Fernandez | 14 Maret 2018 00:41 WIB
Para bakal calon gubernur dan wakil gubernur yang diusung PDIP (kiri ke kanan) Irjen Pol Safaruddin (cagub Kaltim), Dodi Reza Alex Noerdin-Giri Ramanda Kiemas (pilkada Sumsel), TB Hasanuddin-Anton Charliyan (pilkada Jabar), Djarot Saiful Hidayat-Sihar Sitorus (pilkada Sumut), Ganjar Pranowo (cagub Jateng), dan Karolin Margret Natasa-Suryadman Gidot (pilkada Kalbar) berfoto bersama di kantor DPP PDIP, Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Minggu (7 - 1). PDIP resmi mengumumkan para cagub dan cawagub enam provinsi ya

Kabar24.com, JAKARTA - Persaingan kandidat pemimpin di Provinsi Kalimantan Barat kian ketat setelah memasuki masa kampanye Pilkada 2018.

Hal inilah terekam dalam survei yang digelar Indonesia Network Election Survey (INES) untuk memetakan kecenderungan pilihan politik masyarakat Kalimantan Barat menjelang Pilkada 2018.

Direktur Eksekutif INES, Sutisna mengatakan bahwa survei tersebut dilaksanakan pada 26 Februari - 8 Maret 2018 dengan jumlah responden sebanyak 1.984 orang yang tersebar secara proposional di 14 kabupaten kota se-Kalimantan Barat dengan tingkat Kepercayaan 95% dan batas eror kurang lebih 2,2%.

Untuk tingkat popularitas, seperti hasil survei sebelumnya, lanjutnya, pasangan Milton Crosby - Boyman Harun menepati posisi teratas dan sangat populer, serta disukai oleh masyarakat.

"Pasangan ini dinilai responden paling dekat dekat dengan masyarakat Kalimantan Barat hal ini ditunjukan dengan hampir 96,7% responden suka dan kenal dengan Milton Crosby - Boyman Harum," ujarnya dalam rilis yang diterima, Selasa (13/3/2018).

Sementara itu, pasangan Karolin Margarets Natasya - Suryadman Gidot dikenal sekitar 71,8% responden. Disusul pasangan Sutarmidji- Ria Noorsan 64,4% responden.

Pada aspek akseptabilitas, Milton Crosby - Boyman Harun mendapat respon 96,6%.

"Artinya, dengan raihan 96 persen lebih, masyarakat sangat menginginkan Milton - Boyman untuk memimpin Provinsi Kalimantan Barat," tandasnya.

Karena, kata dia, pasangan Sutarmidji- Ria Noorsan hanya diterima 68,7 % masyarakat Kalimantan Barat.  Sementara, pasangan Karolin Margareth- Suryadman Gidot hanya sebesar 64,6 %.

Pada aspek kompetisi, responden menilai Milton Crosby - Boyman Harun cukup layak dan terwakili dalam pilihan 95,8%. disusul Sutarmidji- Ria Noorsan 77% dan Karolin Margareth Natasya - Suryadman Gidot hanya dinilai memiliki kompetensi sebagai kepala daerah oleh 63,7%.

"Ketika responden diberikan pertanyaan semi terbuka, ternyata 43,9% masyarakat Kalbar memilih pasangan Milton Crosby- Boyman Harun. Kemudian 20,9% memilih pasangan Sutarmidji- Ria Noorsan,18,4% memilih pasangan Karolin Margareth - Suryadman Gidot dan tidak menjawab sebanyak 16,2%," kata Sutisna.

Tag : PILKADA KALBAR 2018
Editor : Nancy Junita

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top