Diplomasi dengan Gamelan Ala Menlu Retno

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menyempatkan diri mengikuti latihan gamelan grup Dadali Gamelan di KBRI Moskow, di sela-sela rangkaian kunjungan kerjanya ke Rusia.
David Eka Issetiabudi | 14 Maret 2018 02:32 WIB
Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menyempatkan diri mengikuti latihan gamelan grup Dadali Gamelan di KBRI Moskow, di sela-sela rangkaian kunjungan kerjanya ke Rusia. - IstiArmanatha Nasir, Juru Bicara Menlu

Kabar24.com,JAKARTA - Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menyempatkan diri mengikuti latihan gamelan grup “Dadali Gamelan” di KBRI Moskow, di sela-sela rangkaian kunjungan kerjanya ke Rusia.

Dalam rekaman video yang dikirimkan oleh Juru Bicara Menlu Armanatha Nasir, memperlihatkan Retno membaur dengan kelompok Dadali Gamelan. Terlihat, Retno menikmati latihan grup gamelan yang dibentuk pada April 2017.

Retno yang duduk di tengah para pemain gamelan, tepatnya di depan gong dan di sebelah bonang, sesekali ikut nyinden  dan menepukan tangannya ke paha. Saat itu, grup gamelan yang mayoritas beranggotakan wanita muda Rusia, memainkan langgam Slendang Biru.

Yulia Ryzhaya, salah satu anggota Dadali Gamelan sempat menyinden Slendang Biru, yang kemudian dilanjutkan Menlu RI menyinden Gugur Gunung.

“Pendekatan budaya dan hubungan antar masyarakat adalah salah satu cara efektif untuk mempererat hubungan kedua negara,” tutur Retno dalam keterangan tertulis, Selasa (13/3/18).

Dalam beberapa tahun terakhir, budaya dan bahasa Indonesia semakin dikenal di Rusia. Hal ini mendorong Kelompok Gamelan KBRI Moskow, membentuk grup Dadali Gamelan. Saat ini anggota Dadali Gamelan mencapai 44 orang, 18 untuk dewasa dan 26 untuk anak-anak yang sebagian besar adalah warga Rusia.  

Grup ini juga aktif mempromosikan budaya Indonesia kepada masyarakat Rusia dengan berpartisipasi diberbagai acara budaya seperti Festival Indonesia dan beberapa acara budaya, seperti Hari Indonesia di Kazan, Festival budaya di Kaliningrad dan pertunjukan budaya lainnya.

Dalam akun instagram @retno_marsudi, Menlu juga membagikan momen tersebut dengan mengunggah lima foto. Dia juga mengaku terharu dan senang melihat teman-teman Rusia bermain gamelan secara rutin.

“Bangga melihat antusiasme dan tingginya minat masyarat Rusia terhadap budaya Indonesia. Mari lestarikan budaya kita,” tulisnya.

Sebelumnya, Retno juga terlihat menikmati latihan gamelan dengan kelompok Siswa Sukra di sela-sela peresmian gedung baru Kedutaan Besar Republik Indonesia di London pertengahan Juli 2017.

Bahkan, Retno berbincang dengan Peter Smith sang guru pengajar grup gamelan tersebut, menggunakan bahasa Jawa.

 

Tag : kemenlu
Editor : Nancy Junita

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top