Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Polda Jabar Ungkap Penjualan Senjata Api Ilegal Online

Ditreskrimum Polda Jabar mengungkap penjualan senjata api ilegal yang dijual secara online di Desa Cipacing, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat.
Ilustrasi/JIBI-Nurul Hidayat
Ilustrasi/JIBI-Nurul Hidayat

Kabar24.com, BANDUNG - Ditreskrimum Polda Jabar mengungkap penjualan senjata api ilegal yang dijual secara online di Desa Cipacing, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat.

Empat orang yakni YH (37), EK (60), DD (37), UN (34) berhasil diamankan petugas karena menjual senjata api ilegal ke berbagai wilayah di Indonesia.

"Para pelaku ini, memasok senjata api ilegal ke beberapa wilayah diantaranya Kabupaten Kutai Kaltim, Kabupaten Purwakarta, Kabupaten Sumedang, Kabupaten Majalengka dan berbagai wilayah lainnya," ujar Ditreskrimum Polda Jabar, Kombes Umar Surya Fana di Mapolda Jabar, Selasa (13/3/2018).

Umar mengatakan keempat pelaku ini memiliki peran masing-masing dalam menjalankan bisnis ilegal tersebut. YH bertugas sebagai kurir, EK berperan sebagai penyimpan senjata. Kemudian DD berperan sebagai penjual dan menyimpan amunisi dan UN sebagai perantara.

"Mereka berempat ini marketing yang memposting di media sosial, termasuk mengirimkan senjata melalui paket, serta yang memberi kode di media sosial jual beli," katanya.

Dari keterangan para pelaku, senjata api ilegal tersebut dijual dengan harga enam hingga sembilan juta rupiah per unit. Adapun jenis senjata api ilegal yang dijual yakni Mede Call 22 mm, walter Call 9 mm, Pen Gun Call 22 mm, Revolver Call 22 mm.

Dari tangan tersangka, polisi berhasil menyita barang bukti berupa 14 pucuk senjata api berbagai jenis, 350 amunisi peluru, satu ponsel, dan dua mesin bubut untuk membuat senjata.

Atas pengungkapan ini para pelaku dijerat pasal 1 Ayat 1 Undang-undang Nomor 12 tahun 1951 dengan ancaman hukuman 20 tahun penjara.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Nancy Junita
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper