Rayakan Women's Week, Hilton Bali Gandeng Komunitas Petani Kopi Wanita

Hilton Bali menggandeng komunitas lokal Bali Mountain Women\'s Coffee Cooperative untuk merayakan Women\'s Week sebagai wujud komitmen terhadap kesetaraan gender dan pemberdayaan wanita.
Ni Putu Eka Wiratmini | 09 Maret 2018 20:00 WIB
Perayaan Hilton Women's Week bersama Bali Mountain Women's Coffee Cooperative - istimewa

Kabar24.com, DENPASAR -- Hilton Bali menggandeng komunitas lokal Bali Mountain Women's Coffee Cooperative untuk merayakan Women's Week sebagai wujud komitmen terhadap kesetaraan gender dan pemberdayaan wanita.

Bali Mountain Women's Coffee Cooperative sendiri merupakan komunitas lokal yang beranggotakan 105 pekerja tani wanita di wilayah pegunungan Batukaru dan Munduk.

General Manager Hilton Bali Resort Peter Simson mengatakan kegiatan ini sebagai bentuk komitmen Travel with Purpose™ untuk mendorong nilai-nilai kebersamaan antara bisnis dan komunitas di seluruh dunia.

Ketiga properti Hilton di Pulau Dewata yakni Hilton Bali Resort, Conrad Bali dan Hilton Garden Inn Bali - Ngurah Rai Airport bergabung untuk merayakan Hilton Women’s Week bersama komunitas lokal tersebut.

Ketiga hotel yang diwakili 32 karyawan mengunjungi kedua desa di Batukaru dan Munduk untuk memberikan serangkaian penyuluhan dan aktivitas kepada para wanita anggota Koperasi Kopi.

"Kami bangga dapat bekerja sama dengan Conrad Bali dan Hilton Garden Inn Bali – Ngurah Rai Airport, untuk dapat berkontribusi terhadap komunitas lokal sembari memberikan dampak positif lewat pemberdayaan wanita, memperkuat kerja samalokal serta mendukung pro duksi kopi yang berkelanjutan,” katanya, Kamis (8/3/2018).

Kata dia, Bali Mountain Women's Coffee Cooperative merupakan salah satu mitra penting Hilton di Pulau Dewata. Bali Mountain Women's Coffee sendiri akan menjadi koperasi kedua yang dibentuk di Indonesia yang seluruh anggotanya wanita, mengikuti jejak Java Mountain Women’s CoffeeCoope rative yang sebelumnya dibentuk di Ciwidey, Jawa Barat, pada Oktober 2017.

Kedua koperasi yang beranggotakan wanita ini telah dibentuk di bawah Java Mountain Coffee, sebuah program usaha sosial yang berkelanjutan di Indonesia.

Conrad Bali telah menjadi mitra penting Java Mountain Coffee sejak 2016, di mana 10% hasil penjualan dikembalikan untuk Dana Inovasi Pemberdayaan Wanita atau Women’s EmpowermentInnovation Fund.

Java Mountain Coffee juga memiliki misi dan komitmen kepada PBB untuk memberdayakan satu juta wanita dan menanam 3 juta tanaman kopi yang tahan iklim serta pohon peneduh pada tahun 2030.

"Setelah menandatangani Pernyataan CEO tentang Dukungan terhadap Prinsip-Prinsip Pemberdayaan Wanita PBB di tahun 2014, Hilton telah menekankan dukungan yang kuat terhadap wanita dalam kepemimpinan, mengajak wanita sebagai mitra bisnis dan memelihara kerjasama dengan komunitas wan ita lewat pengembangan pendidikan, pelatihan dan profesional," katanya.

Hilton Women's Week dimulai dengan pengenalan Thrive@Hilton, sebuah program yang difokuskan bagi karyawan Hilton untuk memelihara kesehatan tubuh, pikiran dan jiwa.

Sebanyak lebih dari 100 wanita bergabung dalam sesi aerobik, yang merupakan bentuk komitmen Hilton untuk mendukung kesehatan seluruh petani wanita.

Program kemudian dilanjutkan dengan sesi penyuluhan dan pemeriksaan kesehatan yang bertujuan agar seluruh petani wanita memahami tentang kesehatan pribadi, serta memastikan agar setiap masalah kesehatan yang dimiliki dapat dideteksi dan ditangani dengan baik.

Selanjutnya, sesi motivasi yang menekankan tentang “Pemberdayaan dari Wanita ke Wanita” disampaikan oleh tim Learning & Development dari masing-masing hotel.

Sebagai puncak acara kunjungan, ketiga hotel menyerahkan donasi berupa tas belanja alternatif yang didesain
khusus untuk perayaan ini serta untuk mempromosikan keberlanjutan lingkungan dengan mengurangi penggunaan kantong plastik.

“Para wanita anggota dari Bali Mountain Women’s Coffee Cooperative sangat berterima kasih kepada ketiga hotel Hilton di Bali yang telah memberikan inisiatif ‘Pemberdayaan dari Wanita ke Wanita’ kepada para anggota kami,” kata Nadine Alexandra, Juru Bicara Bali Mountain Women’s Coffee Cooperative.

Tag : hilton, women
Editor : Rustam Agus

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top