Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Motif MCA Sebarkan Hoaks Ternyata Politis

Ketua Satgas Nusantara Irjen Pol Gatot Eddy Pramono mengatakan bahwa penyebaran berbagai berita palsu (hoax) yang dilakukan grup Muslim Cyber Army (MCA) di media sosial, bermotif politik.
Ilustrasi antihoax/Antara
Ilustrasi antihoax/Antara

Kabar24.com, JAKARTA - Ketua Satgas Nusantara Irjen Pol Gatot Eddy Pramono mengatakan bahwa penyebaran berbagai berita palsu (hoax) yang dilakukan grup Muslim Cyber Army (MCA) di media sosial, bermotif politik.

"Motifnya politik," kata Irjen Gatot di Jakarta, Senin.

Menurut dia, berbagai berita palsu berisi fitnah, ujaran kebencian dan penyerangan terhadap ulama, sengaja mereka sebarkan di medsos agar menimbulkan keresahan di masyarakat sehingga terjadi perpecahan yang pada akhirnya mengakibatkan konflik sosial.

"Dengan menyebarkan isu hoaks, mereka berharap dapat mendegradasi pemerintahan yang sah, menimbulkan keresahan di masyarakat, memecah belah bangsa yang akhirnya menimbulkan konflik sosial yang besar," kata Staf Ahli Kapolri Bidang Sosial Ekonomi ini.

Sebelumnya, penyidik Siber Bareskrim menangkap enam orang anggota MCA di sejumlah lokasi yang berbeda yakni Muhammad Luth (40) ditangkap di Tanjung Priok, Jakarta Utara, Rizki Surya Dharma (35) di Pangkalpinang, Ramdani Saputra (39) di Bali, Yuspiadin (25) di Sumedang, Ronny Sutrisno (40) serta Tara Arsih Wijayani (40).

Di media sosial, kelompok ini rutin menyebarkan postingan foto video dan berita palsu berisi penghinaan, fitnah dan pencemaran nama baik terhadap pemimpin dan para pejabat negara.

"Mereka rutin memposting penghinaan dan pencemaran nama baik terhadap Presiden Jokowi, Kapolri Jenderal Tito Karnavian, pejabat pemerintah dan anggota DPR," kata Direktur Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri Brigjen Pol Fadil Imran.

Kelompok ini juga kerap memposting hal-hal bernuansa SARA di medsos, termasuk isu provokatif tentang penyerangan terhadap ulama dan kebangkitan PKI.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper