Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Indonesia-Rusia Pererat Kerjasama Keamanan Melalui FKB ke-4

Indonesia dan Rusia mempererat kerjasamanya di bidang keamanan melalui Forum Konsultasi Bilateral (FKB) ke-4 antara Kementerian Koordinasi Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Indonesia dengan Sekretaris Dewan Keamanan Federasi Rusia yang diselenggarakan pada 1 Maret 2018 di Jakarta.Dalam pertemuan tersebut, Menko Polhukam Wiranto sebagai Ketua Delegasi Indonesia sedangkan dari Delegasi Rusia dipimpin oleh Sekretaris Dewan Keamanan Federasi Rusia Y.M. Nikolay Patrushev.
Menkopolhukam Wiranto/ANTARA
Menkopolhukam Wiranto/ANTARA

Bisnis.com, JAKARTA - Indonesia dan Rusia mempererat kerjasamanya di bidang keamanan melalui Forum Konsultasi Bilateral (FKB) ke-4 antara Kementerian Koordinasi Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Indonesia dengan Sekretaris Dewan Keamanan Federasi Rusia yang diselenggarakan pada 1 Maret 2018 di Jakarta.

Dalam pertemuan tersebut, Menko Polhukam Wiranto sebagai Ketua Delegasi Indonesia sedangkan dari Delegasi Rusia dipimpin oleh Sekretaris Dewan Keamanan Federasi Rusia Y.M. Nikolay Patrushev.

"Forum Konsultasi Bilateral membicarakan beberapa isu bidang hukum dan keamanan, diantaranya adalah peningkatan dan penguatan kerja sama bilateral kedua negara terutama kerja sama bidang penegakan hukum, kerja sama teknis militer, keamanan siber, pemberantasan pendanaan terorisme, serta penguatan kerjasama penanggulangan terorisme," kata Wiranto dalam keterangan tertulis yang diterima Bisnis, Jumat (2/3/2018).  

Ia melanjutkan kerjasama penanggulangan terorisme yang dimaksud terutama dalam menangani teroris yang kembali ke negara asal atau foreign terrorist fighter returnee

Melalui Forum Konsultasi Bilateral ini, Indonesia dan Rusia sepakat untuk meningkatkan saling pengertian atas isu-isu politik, hukum dan keamanan yang menjadi perhatian bersama.

Hal ini sebagai wujud komitmen kedua negara menjaga stabilitas keamanan di kawasan dan demi terciptanya kesejahteraan. Komitmen tersebut akan dituangkan diakhir pertemuan dalam bentuk Pernyataan Bersama.

Sebelumnya diketahui, FKB pertama diselenggarakan di Rusia pada 22 Juni 2015, FKB ke-2 di Indonesia pada 9 Februari 2016, dan FKB ke-3 di Rusia 22 Mei 2017.

Turut hadir dalam FKB ke-4 ini, Muhammad Anshor, Direktur Jenderal Amerika dan Eropa, Kementerian Luar Negeri; Mayjen TNI Hartind Asrin, Direktur Jenderal Strategi Pertahanan, Kementerian Pertahanan; Cahyo Rahadian Muzhar, Plt. Direktur Jenderal Administrasi Hukum Umum, Kementerian Hukum dan HAM; Mayjen TNI Benny Indra Pujihastono, Asisten Intelijen Panglima TNI.

Selain itu hadir pula Mayjen TNI Asep Subarkah, Deputi Kontra Intelijen, Badan Intelijen Negara; Brigjen Pol. Eddy Hartono, Wakil Kepala Densus 88 Anti Teror, Polri; Brigjen (Mar.) Suharyanto, Deputi Bidang Pengamanan Persandian, Badan Siber dan Sandi Negara; Irjen Pol. Firman Shantyabudi, Deputi Bidang Pemberantasan, Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan; Kombes Pol. Kris Erlangga AW, Direktur Bilateral, Badan Nasional Penanggulangan Terorisme; serta Andriana Supandy, Direktur Kerja Sama, Badan Narkotika Nasional sebagai anggota delegasi.

Sementara itu, anggota delegasi Rusia yang hadir antara lain Oleg Khramov, Wakil Sekretaris Dewan Keamanan Federasi Rusia dan Oleg Plohoy, Deputi I Kementerian Kehakiman Federasi Rusia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Reni Lestari
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper