Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Putin Perintahkan Gencatan Senjata Lima Jam Setiap Hari di Suriah

Presiden Rusia Vladimir Putin memerintahkan gencatan senjata selama lima jam setiap hari guna memberi kesempatan bagi bantuan kemanusiaan di wilayah Ghouta yang tengah didera peperangan.
Presiden Rusia Vladimir Putin/Reuters
Presiden Rusia Vladimir Putin/Reuters

Kabar24.com, JAKARTA — Presiden Rusia Vladimir Putin memerintahkan gencatan senjata selama lima jam setiap hari guna memberi kesempatan bagi bantuan kemanusiaan di wilayah Ghouta yang tengah didera peperangan.

Perintah itu disampaikan Putin sebagai pengganti resolusi Dewan Keamanan PBB. Resolusi itu meminta gencatan senjata dilakukan selama satu bulan di wilayah tersebut.

Langkah presiden Rusia itu, yang diumumkan oleh Menteri Pertahanan Sergei Shoigu, menunjukkan peran penting Rusia di Suriah. Hal itu juga menunjukkan kegagalan PBB dalam melaksanakan gencatan senjata.

Lebih dari 500 orang tewas dalam delapan hari penyerangan paling mengerikan dari rezim Bashar al-Assad dan sekutunya dalam tujuh tahun peperangan.

Keputusan Moskow itu menyusul kecaman atas pelangaran gencatan senjata sebagaimana disuarakan oleh Sekjen PBB António Guterres. Dia menyebut siatuasi di sana sudah seperti neraka sebagaimana dikutip theguardian.com, Selasa (27/2/2018).

Shoigu mengatakan gencataan senjata akan dimulai hari ini waktu setempat di pinggiran Dmaskus dan akan berlaku dari pukul 09:00 pagi hinga pukul 14:00 sore setaip hari.

Rusia, sekutu utama rezim Suriah, juga akan membantu mengarahkan evakuasi bagi warga sipil di wilayah itu, ujarnya.

Keputusan Rusia diambil setelah sedikitnya 29 orang tewas di Ghouta meski PBB telah mengeluarkan resolusi yang meminta gencatan senjata.

Para dokter setempat menyatakan sedikitnya 18 orang luka-luka akibat serangan klorin di Ghouta kemarin malam. Warga setempat mengecam masyarakat internasional yang tidak mampu menghentikan peperangan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Nancy Junita

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper