Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Gempa 6,0 SR Guncang Pulau Buru Maluku

Gempa berkekuatan 6,0 Skala Richter (SR) mengguncang wilayah Pulau Buru, Maluku pada Senin malam (26/2/2018) pukul 20.34 WIB.
Ilustrasi gemoa/Antara
Ilustrasi gemoa/Antara

Kabar24.com, JAKARTA - Gempa berkekuatan 6,0 Skala Richter (SR) mengguncang wilayah Pulau Buru, Maluku pada Senin malam (26/2/2018) pukul 20.34 WIB.

Berdasarkan laporan BMKG, lokasi gempa berada di kedalaman 10 kilometer dengan titik koordinat 2.62 Lintang Selatan (LS) - 126.73 Bujur Timur (BT), pusat gempa berada pada 79 km TimurLaut Buru Maluku.

BMKG menyatakan gempa ini tidak berpotensi memicu tsunami.

Sampai sejauh ini belum ada laporan kerusakan bangunan milik pemerintah daerah dan masyarakat setempat, termasuk korban jiwa menyusul gempa tersebut.

Gempa Papua

Sebelumnya, BMKG juga melaporkan hari Senin, 26 Februari 2018, 00.44.46 WIB telah terjadi gempabumi dengan kekuatan Magnitude 7.6 di Papua.

Gempa itu terjadi dengan  kedalaman 96 km. Pusat gempa di darat 266 km tenggara Bovendigoel dan dirasakan di Tanah Merah, Wamena, Merauke, dan Jayapura,

Namun, Badan Nasional Penanggulangan Bencana kesulitan mendapatkan informasi terbaru akibat dampak gempa yang melanda Papua, Senin (26/2/2018) dini hari.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho mengatakan pihaknya agak kesulitan mendapatkan informasi sesuai prosedural berjenjang karena Kabupaten Bovendiguel belum membentuk BPBD.

"Oleh sebab itu kami berusaha hubungi teman-teman di Dinas Kesehatan dan Dinas Sosial yang ada di lapangan," katanya melalui keterangan pers, Senin (26/2/2018).

Saat ini Posko BNPB terus melakukan koordinasi dengan BPBD Papua terkait dampak gempa 7,SR yang terjadi di Papua.

Sutopo menambahkan pusat gempa 7,6 SR berada di wilayah PNG. Sedangkan beberapa wilayah di Papua Indonesia ikut merasakan guncangan gempa.

Baca juga:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper