Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kemenag Gandeng Australia Tingkatkan Kualitas Guru Madrasah

Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan Madrasah Kementerian Agama bekerjasama dengan Inovasi (Innovation for Indonesias School Children), lembaga di bawah Kedutaan Besar Australia yang fokus terhadap pendidikan anak Indonesia.
Ilustrasi: Siswa madrasah/Antara-Ujang Zaelani
Ilustrasi: Siswa madrasah/Antara-Ujang Zaelani

Kabar24.com, JAKARTA--- Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan Madrasah Kementerian Agama menjalin kerja sama dengan Inovasi atau Innovation for Indonesia’s School Children dalam meningkatkan kualitas guru madrasah.

Inovasi adalah lembaga di bawah Kedutaan Besar Australia yang fokus terhadap pendidikan anak Indonesia.

“Kerja sama sebagai langkah percepatan peningkatan kualitas guru madrasah yang terstruktur dan masif,” kata Direktur GTK Suyitno di Jakarta dalam keterangan tertulis, Jumat (23/2/2018).

Menurut Suyitno, saat ini Inovasi baru mencurahan perhatian di beberapa sekolah di bawah binaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dengan proyek percontohan di Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Utara dan Jawa Timur.

“Ke depan kita berharap agar cakupannya diperluas ke beberapa Madrasah,” harap Guru Besar UIN Raden Fatah Palembang itu.

Menurutnya, kondisi pembelajaran di Indonesia belum sepenuhnya merata kualitasnya. Hal ini mendorong Inovasi untuk memberikan perhatian secara nyata terhadap pendidikan Indonesia.

Pada tahap awal, fokus Inovasi antara lain terhadap pendampingan pendidikan tingkat dasar khususnya pada aspek literasi dan inklusi.

“Hal ini juga yang mendasari Kemenag terus menjalin kerja sama dengan berbagai pihak sebagai alternatif dan model baru di tengah anggaran yang terbatas,” imbuhnya.

Menurut Suyitno, Direktur Program Inovasi Mark Oliver Heyward menyambut baik niat Direktorat GTK Madrasah untuk meningkatkan mutu pembelajaran, khususnya di Madrasah.

“Mark berjanji akan mensinerjikan program Inovasi, terutama fasilitasi modul dan tenaga expert bagi KKG/ MGMP Madrasah,” tutupnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Yodie Hardiyan
Editor : Saeno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper