Google & Facebook Bersiap Hadapi Lonjakan Tagihan Pajak

Google dan Facebook bersiap untuk perubahan signifikan dalam sistem perpajakan setelah Departemen Keuangan Inggris menyatakan bahwa pajak baru atas pendapatan merupakan "opsi yang berpotensi lebih disukai".
Aprianto Cahyo Nugroho | 23 Februari 2018 08:46 WIB
Google - Reuters

Bisnis.com, JAKARTA – Google dan Facebook bersiap untuk perubahan signifikan dalam sistem perpajakan setelah Departemen Keuangan Inggris menyatakan bahwa pajak baru atas pendapatan merupakan "opsi yang berpotensi lebih disukai".

Setelah aturan pajak ini berlaku, otoritas pajak Inggris akan mengenakan pajak atas total pendapatan perusahaan. Selama ini, pajak dipungut atas laba, sehingga angka yang dibayarkan jauh lebih kecil.

Google, misalnya, mengatakan bahwa penjualan perusahaan menghasilkan pendapatan £1 miliar di Inggris pada tahun 2016 dan laba sebelum pajak sebesar £149 juta.

Jika pemerintah mengenakan pajak atas penjapatan tersebut, tagihan pajak perusahaan kemungkinan akan meningkat secara signifikan. Hal ini akan memiliki dampak serupa pada perusahaan seperti Facebook.

Semua perusahaan yang menghadapi rencana pengubahan aturan pajak in i telah menjelaskan bahwa mereka mematuhi peraturan pajak saat ini.

Sekretaris Keuangan untuk Departemen Keuangan, Mel Stride, mengatakan kepada BBC bahwa perusahaan digital besar harus membayar pajak secara adil.

"Saat ini (mereka) menghasilkan nilai yang sangat signifikan di Inggris, biasanya melalui platform digital dengan banyak pengguna berinteraksi dengan platform itu," kata ungkap Mel Stride kepada BBC.

"Itu memberi banyak nilai, jadi Anda melihat platform media sosial, pasar online, mesin pencari internet, saat ini pajak tidak mengenakan pajak atas aktivitas tersebut secara adil. Kami ingin mengubah dengan mengenakan pajak atas kegiatan itu dengan adil," lanjutnya

Perusahaan teknologi telah lama berargumen bahwa peraturan pajak bukan tanggung jawab mereka dan mereka mengikuti undang-undang tersebut.

Eileen Burbidge dari Tech City UK mengatakan perusahaan multi-nasional tidak berbeda dengan bisnis komersial lainnya, karena mereka pasti bersedia membayar pajak mereka dengan baik.

Stride mengatakan bahwa pajak atas pendapatan adalah jalur yang berpotensi lebih disukai, meskipun dia tidak ingin membahayakan entitas usaha lain yang lebih kecil atau perusahaan yang berjuang untuk mendapatkan laba.

Dalam sebuah dokumen konsultasi mengenai masalah ini, yang diterbitkan bersamaan dengan Anggaran tahun lalu, pemerintah menaikkan prospek pajak pendapatan.

Tag : pajak, google, facebook
Editor : Mia Chitra Dinisari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top