Pertumbuhan Pengusaha Wanita di Bali 10% Per Tahun

Jumlah pengusaha wanita di Bali tumbuh signifikan dengan rata-rata pertumbuhan mencapai 10% setiap tahunnya.
Ni Putu Eka Wiratmini
Ni Putu Eka Wiratmini - Bisnis.com 22 Februari 2018  |  18:10 WIB
Pertumbuhan Pengusaha Wanita di Bali 10% Per Tahun
Pekerja menyelesaikan pembuatan kerajinan bantal dari limbah kain perca - ANTARA/Aji Styawan

Kabar24.com, DENPASAR -- Jumlah pengusaha wanita di Bali tumbuh signifikan dengan rata-rata pertumbuhan mencapai 10% setiap tahunnya.

Wakil Ketua Bidang Pendidikan Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (Iwapi) Bali Ni Luh Ketut Ayu Sudha Sucandrawati mengatakan jumlah anggotanya bahkan menyentuh angka 600 pengusaha pada 2017. Iwapi Bali sendiri merupakan salah satu organisasi pengusaha yang mewadahi wanita di Bali.

Kata dia, kecenderungan wanita Bali yang memilih menjadi ibu rumah tangga dan mengurus keluarga memberi kesempatan yang luas bagi mereka untuk memasuki dunia usaha. Adapun usaha yang mereka tekuni mulai dari kuliner, fesyen, hingga properti.

"Karena teknologi semakin bagus mereka menggunakannya sebagai inisiatif," katanya kepada Bisnis, Kamis (22/2/2018).

Kata dia, omzet yang dimiliki masing-masing pengusaha wanita di Bali ini juga lumayan yakni dari Rp5 juta hingga Rp100 juta per bulan. Mereka juga tidak hanya memasarkan produk di wilayah Bali saja tetapi di beberapa wilayah Indonesia hingga melakukan ekspor ke luar negeri.

"Mereka dengan masuk organisasi juga diuntungkan karena mendapat pelatihan hingga bisa bertukar pikiran mengenai usaha masing-masing," katanya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
bali

Editor : Rustam Agus

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top
Tutup