Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Perguruan Tinggi Berperan Memandu Bangsa Masuki Era Globalisasi Industri

Peranan perguruan tinggi sangat dibutuhkan dalam mengantarkan bangsa dan negara Indonesia memasuki era globalisasi industri yang mendorong tumbuhnya hubungan internasional yang semakin terbuka.
Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Muhammad Nasir./Antara-Wahyu Putro A
Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Muhammad Nasir./Antara-Wahyu Putro A

Kabar24.com, JAKARTA - Peranan perguruan tinggi sangat dibutuhkan dalam mengantarkan bangsa dan negara Indonesia memasuki era globalisasi industri yang mendorong tumbuhnya hubungan internasional yang semakin terbuka.

Perubahan itu akan berdampak pada terbentuknya perubahan atas peradaban bangsa serta menimbulkan ketidakpastian dan kompleksitas permasalahan.

"Untuk itu, dibutuhkan peranan perguruan tinggi dalam perkembangannya di bidang sains, teknologi, seni dan humaniora agar Indonesia mampu bertahan dan sekaligus mampu menumbuhkan kesejahteraan bangsa," kata Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir, dalam Rapat Pleno bulanan  Forum Guru Besar Institut Teknologi Bandung (FGB-ITB) dengan topik “Kebijakan Teknologi Nasional di Gedung Balai Pertemuan Ilmiah ITB Bandung, Kamis (22/2/2018, sebagaimana dikutip dari rilis yang diterima Bisnis.

Rapat Pleno bulanan dibuka oleh Ketua FGB-ITB Tutuka Ariadji, dihadiri sebanyak 201 orang Guru Besar ITB yang aktif dan 48 orang yang sudah purnabakti.

Nasir mengemukakan jabatan Guru Besar merupakan mandat penugasan yang diberikan pemerintah kepada seorang dosen di perguruan tinggi berdasarkan pengakuan kepakaran dan kecendikian dalam suatu disiplin ilmu pengetahuan, teknologi, seni atau humaniora.

Dengan kepakaran dan kecendekiannya, Guru Besar mempunyai tanggung jawab yang ditunjukkan dalam kepemimpinan di bidang keilmuannya masing-masing serta kemampuan untuk memupuk dan mengembangkan keunggulan dalam pelaksanaan Tridharma Pendidikan Tinggi.

Selain itu, Guru Besar juga mempunyai tanggung jawab untuk mengembangkan dan menjaga nilai-nilai akademik, dan berkontribusi dalam pengembangan institusi. Konsep dan pemikiran Guru Besar tentang keilmuan masa depan sangat dibutuhkan serta berperan dalam pengembangan peradaban dan penyelesaian permasalahan oleh bangsa Indonesia dan dunia.

"Pendidikan tinggi sebagai wahana penguasaan Iptek dalam membangun daya saing bangsa Indonesia, maka harus diperbanyak kelompok riset dan sinergisitas riset. Kolaborasi dengan peneliti di dunia untuk sesuai tema revolusi industri 4.0," katanya.

Nasir menekankan saat ini penelitian atau riset nasional sudah harus mulai mengikuti Rencana Induk Riset Nasional 2015-2045, mulai dari kemandirian pangan, penciptaan dan pemanfaatan energi baru dan terbarukan, pengembangan teknologi kesehatan dan obat.

Kemudian, pengembangan teknologi dan manajemen transportasi, teknologi informasi dan komunikasi, pengembangan teknologi pertahanan dan keamanan, material maju, kemaritiman, manajemen penanggulangan kebencanaan, dan sosial humaniora, seni budaya, pendidikan.

Rektor ITB Kadarsah Suryadi mengatakan Forum Guru Besar di ITB sendiri sudah sesuai seperti apa yang Menristekdikti katakan dan memiliki 3 fungsi yaitu mengawal nilai-nilai luhur ITB, mengembangkan keilmuan masa depan, turut berkontribusi terhadap solusi permasalahan bangsa.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Yusran Yunus
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper