Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tim Pelayanan E-KTP Jemput Bola ke Suku Baduy Banten

Kementerian Dalam Negeri melakukan layanan jemput pengurusan KTP elektronik bola ke Desa Kanekes, Baduy, Banten.
Warga Baduy Luar/Antara-Weli Ayu Rejeki
Warga Baduy Luar/Antara-Weli Ayu Rejeki

Kabar24.com, JAKARTA-- Kementerian Dalam Negeri melakukan layanan jemput pengurusan KTP elektronik bola ke Desa Kanekes, Baduy, Banten.

Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri Zudan Arief Fakrulloh mengungkapkan tim datang ke Kanekes untuk melayani langsung suku Baduy yang belum punya KTP atau dokumen kependudukan pada Minggu (18/2).

Menurutnya, kedatangan tim ke Kanekes adalah bentuk komitmen melayani langsung warga. 

"Yang sudah di Desa Kanekes [tim] terus sabar melayani ya. Jangan lupa makan dan ibadahnya”, katanya, mengutip keterangan resmi, Minggu (18/2).

Rencananya, Zudan juga akan datang ke Kabupaten Lebak pada 18 Februari 2018 untuk memberi pengarahan di acara Rapat Koordinasi Kependudukan dan Pencatatan Sipil se-Provinsi Banten.

Pada (19/2), Zudan akan berkunjung ke Desa Kanekes untuk menghadiri puncak acara. Rencana acara puncak di Kanekes juga akan dihadiri  jajaran Komisi II DPR RI dan Dinas Dukcapil Provinsi Banten. 

“Bismillah berkah semuanya. Dukcapil BISA, Dukcapil GISA”, kata Zudan. 

Seperti diketahui Pemerintah Kabupaten Lebak, melalui Dinas Dukcapil, membuka layanan rekam cetak KTP-el bagi warga Suku Baduy. Pelayanan dilakukan Rumah Singgah Desa Kanekes, Kecamatan Leuwidamar, Lebak, Banten.

Selain pelayanan cetak rekam KTP-el, tim juga akan melayani pengurusan dokumen kependudukan lain, seperti Akta Kelahiran, Kartu Identitas Anak (KIA), Kartu Keluarga (KK). Layanan jemput bola sudah dilakukan dari tanggal 12 Februari dan akan ditutup pada 19 Februari 2018. 

Sementara itu, Kepala Dinas Dukcapil Provinsi Banten  Sitti Ma’ani Nina mengatakan kegiatan pelayanan di Desa Kenekes sebagai langkah nyata memastikan warga pedalaman Suku Baduy memiliki hak pilih pada Pilkada 2018 dan Pemilu 2019. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Rustam Agus

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper