Tahukah Anda Apa Mata Uang Resmi China?

Siapa yang mengira ternyata ada sejumlah orang yang tidak mengetahui apa mata uang resmi China. Bahkan, banyak yang mengira kalau yen adalah mata uang resmi China.
Surya Rianto | 17 Februari 2018 13:22 WIB
Yuan - Bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA -- Siapa yang mengira ternyata ada sejumlah orang yang tidak mengetahui apa mata uang resmi China. Bahkan, banyak yang mengira kalau yen adalah mata uang resmi China. 

Seperti dikutip dari Bloomberg, Sabtu (17/2/2018), HQ Trivia memaparkan hasil aplikasi permainan interaktif sehari-hari dengan pertanyaan "Apa mata uang resmi China?"

Bagi orang yang bekerja pada bidang keuangan pastinya pertanyaan itu sangat mudah sekali dijawab, tapi ternyata tidak untuk para milenial dan mereka yang bekerja di luar sektor keuangan. HQ Trivia menjaring 857.623 kontestan yang ikut dalam permainan pertanyaan terkait mata uang resmi China tersebut.

Hasilnya mencengangkan, 83% konstentan atau sebanyak 719.320 orang memilih yen sebagai mata uang resmi China. Padahal, yen adalah mata uang Jepang.

Sementara itu, kontestan yang menjawab benar yakni memilih renminbi hanya 8,37% atau sebanyak 71.796 orang.

Lalu, ada pula 7,75% kontestan atau sebanyak 66.507 orang menjawab Chinese dolar. Padahal dolar China itu tidak pernah ada.

Adapun, mata uang China yang lebih dikenal secara umum adalah yuan, tapi itu pun merupakan denominasi dari renminbi.

Chief Executive Officer HQ Rus Yusupov mengatakan kesalahan jawaban yang sangat besar itu bisa jadi disebabkan kata 'yuan' yang hampir sama dengan 'yen'.

"Lalu, kesalahan memilih dolar China pun bisa dimaklumi karena ada mata uang dolar Hong Kong, dolar Taiwan, dan dolar Singapura," ujarnya. 

Adapun HQ Trivia merupakan sebuah aplikasi permainan yang ada di iOS dan Android. Permainan dilakukan secara interaktif dan disiarkan langsung dari New York City, AS dan dipandu seorang pembawa acara.

Target pemainnya adalah mereka yang tinggal di Amerika Utara dan Inggris. Dalam tiap sesi permainan, yang digelar pada jam-jam tertentu setiap hari selama sepekan, HQ Trivia dapat menjaring 600.000-1,6 juta orang pemain. 

Pembawa acara akan memberikan serangkaian pertanyaan pilihan ganda dengan tingkat kesulitan bertahap. Hanya pemain yang menjawab dengan benar dalam batas waktu 10 detik lah yang melangkah ke babak selanjutnya.

Para pemain yang berhasil menjawab semua pertanyaan dengan benar akan membagi uang hadiah yang diberikan. Besaran hadiah untuk permainan yang digelar pada Senin-Sabtu adalah US$2.500, sedangkan untuk sesi permainan pada Minggu nilainya mencapai US$15.000. 

Tag : china
Editor : Annisa Margrit

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top