Cyril Ramaphosa Akan Gantikan Zuma Jadi Presiden Afsel

Presiden Afrika selatan Jacob Zuma memutuskan mengundrkan diri dari jabatannya sebagai tadi malam (14/2) melalui siaran televisi
John Andhi Oktaveri | 16 Februari 2018 07:48 WIB
Presiden Afsel Jacob Zuma - Reuters/Thomas Mukoya

Kabar24.com, JAKARTA--Wakil Presiden Cyril Ramaphosa, yang juga baru saja terpilih sebagai ketua ANC dilaporkan akan menggantikan Presiden Afrika selatan Jacob Zuma  yang memutuskan mengundrkan diri dari jabatannya sebagai tadi malam (14/2) melalui siaran televisi.

"Saya telah sampai pada kesimpulan untuk mundur secepatnya," ujarnya di Pretoria sebagaimana dikutip Aljazeera.com, Kamis (15/2).

Rakyat Afsel sebelumnya telah menggelar rangkaian aksi protes menuntut Zuma untuk mundur atas tuduhan korupsi yang menjeratnya.

Partai yang menaungi Zuma, Kongres Nasional Afrika (ANC), juga secara resmi meminta presiden berusia 75 tahun itu untuk mundur.

Pada awalnya Zuma tidak terima dengan permintaan partainya. Dia bahkan mempertanyakan mengapa partainya sendiri ikut mendukung dirinya untuk mundur.

Namun kemudian, ANC mengumumkan akan menggelar mosi tidak percaya di parlemen apabila Zuma tidak juga mengikuti rekomendasi partai.

"Partai saya telah menempatkan saya sebagai wakil rakyat dan partai saya juga yang memanfaatkan saya," ujar Zuma dalam pidatonya di Union Buildings.

Meski Zuma terkenal sebagai presiden yang lihai dalam mengelola dinamika politik, namun dia banyak tersangkut dugaan skandal korupsi. Rangkaian kasus itu membuatnya dinobatkan sebagai presiden paling kontroversial sejak berakhirnya era apartheid.

Tag : presiden
Editor : Mia Chitra Dinisari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top