Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

IMLEK 2018: China Diperkirakan Alami Pencemaran Berat

Sebagian wilayah di China diperkirakan akan mengalami pencemaran berat akibat kembang api dan kondisi cuaca yang buruk selama perayaan Tahun Baru Imlek, demikian peringatan Kementerian Perlindungan Lingkungan, Rabu (14/2/2018).
Polusi udara di Kota Beijing, China./Bisnis.com-Lili Sunardi
Polusi udara di Kota Beijing, China./Bisnis.com-Lili Sunardi

Bisnis.com, BEIJING - Sebagian wilayah di China diperkirakan akan mengalami pencemaran berat akibat kembang api dan kondisi cuaca yang buruk selama perayaan Tahun Baru Imlek, demikian peringatan Kementerian Perlindungan Lingkungan, Rabu (14/2/2018).

Pihak kementerian sebenarnya sudah mengeluarkan larangan terhadap petasan di lebih dari 400 kota di seluruh China.

"Sebagian wilayah mungkin akan mengalami pencemaran udara berat karena banyaknya pesta kembang api dan petasan," demikian keterangan kementerian.

Imlek atau Tahun Baru China akan jatuh pada Jumat (16/2) dan merupakan hari libur paling penting di China. Sebagian besar keluarga dan mereka yang berpesta secara tradisional membakar petasan dan kembang api sebelama beberapa malam.

Suara hiruk pikuk menurut kepercayaan orang China bisa mengusir roh jahat dan akan mengantarkan hari-hari yang penuh harapan di awal tahun.

Lebih dari 400 kota di seluruh China, sebenarnya telah menerapkan larangan kembang api dan petasan sejak tahun lalu untuk mengurangi pencemaran udara selama pesta yang berlangsung sampai 15 hari, serta untuk mengurangi kecelakaan.

Wilayah utara China yang mengalami pencemaran kabut, termasuk Ibukota Beijing, diperkirakan akan terkena polusi udara paling parah, kata kementrian lingkungan.

Pencemaran udara berat kemungkinan juga akan dialami oleh Provinsi Liaoning, Anhui dan Zhejiang di bagian timur, serta Sichuan dan Xinjiang di bagian barat, dan beberapa wilayah lainnya.

Selama terjadinya pencemaran udara, industri biasanya diperintahkan untuk mengurangi jumlah produksi, meski sebagian besar fabrik besar tutup selama liburan.

Sebagian besar kegiatan bisnis akan memperpanjang liburan sampai 3 Maret, meski secara resmi waktu liburan hanya sampai 21 Februari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : ANTARA/REUTERS

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper