Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Polisi Ringkus Pelaku Perusakan Masjid di Tuban

Polda Jawa Timur meringkus pelaku perusakan sejumlah kaca Masjid Baiturrahim yang berlokasi di Jalan Sumurgempol No. 77 Kelurahan Karangsari Kecamatan Tuban Jawa Timur atas nama M. Zaenudin (40).
Ilustrasi/Jibiphoto
Ilustrasi/Jibiphoto

Kabar24.com, JAKARTA - Polda Jawa Timur meringkus pelaku perusakan sejumlah kaca Masjid Baiturrahim yang berlokasi di Jalan Sumurgempol No. 77 Kelurahan Karangsari Kecamatan Tuban Jawa Timur atas nama M. Zaenudin (40).

Kepala Bidang Humas Polda Jawa Timur Kombes Pol Frans Barung Mangera men‎gatakan kepolisian menangkap pelaku setelah mendapatkan laporan dari salah satu warga bernama Muhammad yang sempat menanyakan apa alasan pelaku datang ke masjid tersebut, hingga Muhammad dipukul oleh pelaku.

"‎Jadi sekitar pukul 01.00 WIB warga atas nama Muhammad menanyakan maksud dan tujuan kedatangan yang bersangkutan di Masjid Baiturrahim, namun yang bersangkutan malah melakukan pemukulan kepada korban sehingga korban lari keluar masjid untuk memberitahukan kepada warga lainnya," tuturnya, Selasa (13/2/2018).

Frans menjelaskan kronologi peristiwa tersebut berawal ketika pelaku ‎yang diduga mengalami gangguan kejiwaan mendatangi masjid pada Senin (12/2/2018), sekitar pukul 16.00 WIB menggunakan kendaraan Toyota Innova bernomor polisi H 8697 JQ bersama satu orang sopir dan tiga orang anak yang terdiri dari satu anak perempuan usia SMP dan dua orang anak laki yang masih balita.

Menurutnya, sekitar pukul 17.30 WIB pelaku beserta rombongan keluar meninggalkan masjid dan menjelang salat isya, pelaku kembali datang untuk mengikuti salat berjamaah, namun pelaku membuat barisan saf sendiri‎. Setelah selesai salat pelaku tidak beranjak untuk meninggalkan masjid.

"Sekitar pukul 01.30 WIB pelaku melakukan perusakan terhadap kaca Masjid Baiturrahim dengan menendang. Mendengar adanya suara pecahan kaca, warga sekitar masjid mulai berdatangan dan meneriaki pelaku untuk menghentikan perbuatannya tersebut, namun dijawab oleh pelaku bahwa siap untuk mati," kata Frans.

Frans menambahkan saat kepolisian melakukan pemeriksaan terhadap pelaku, Zaenudin menjelaskan dirinya hanya ingin bertemu dengan Pengasuh Pondok Pesantren Al Islahiyah yaitu Gus Mad. Menurutnya, pelaku sudah beberapa kali datang ke tempat pengajian Gus Mad tersebut.

"‎Setelah dipertemukan dengan Gus Mad yang bersangkutan melakukan sujud di depan Gus Mad dan meminta safaat. Sampai saat ini masih belum diketahui motif dari pelaku dan masih dalam pemeriksaan oleh Satreskrim Polres Tuban," ujarnya.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Nancy Junita

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper