Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Saksi Kasus Penghalangan Penyidikan Setya Novanto Diteror. Ini Respons KPK

Komisi Pemberantasan Korupsi mengingatkan semua pihak untuk tidak melakukan upaya intimidasi terhadap para saksi kasus korupsi yang tengah ditangani komisi antirasuah tersebut.
Juru Bicara KPK Febri Diansyah/ANTARA-Sigid Kurniawan
Juru Bicara KPK Febri Diansyah/ANTARA-Sigid Kurniawan

Kabar24.com,JAKARTA- Komisi Pemberantasan Korupsi mengingatkan semua pihak untuk tidak melakukan upaya intimidasi terhadap para saksi kasus korupsi yang tengah ditangani komisi antirasuah tersebut.

Hal itu diungkapkan Juru Bicara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Febri Diansyah menanggapi informasi ada salah seorang saksi perkara upaya menghalangi penyidikan Setya Novanto yang mendapatkan teror.

“Kepada semua pihak kita perlu ingatkan jika melakukan ancaman atau intidimasi kepada para saksi terkait penanganan perkara, memiliki risiko pidana,” ujarnya, Jumat (9/2/2018).

Dia melanjutkan, kalau ada pihak khususnya para saksi dalam perkara yang ditangi KPK merasa terancam, mereka bisa berkoordinasi dengan KPK untuk mengakses prosedur perlindungan saksi.

Akan tetapi, dia mengaku belum mendapatkan kepastian adanya ancaman kepada salah seorang saksi penyidikan obstruction of justice.

“Para saksi tidak perlu risau karena ada UU Perlindungan Saksi dan Korban sehingga KPK wajib melindungi tentunya dengan melihat serta mempertimbangkan seberapa besar ancamannya,” ungkap Febri.

Dalam perkara menghalangi penyidikan terhadap Setya Novanto, KPK telah menetapkan dua orang tersangka yakni mantan pengacara sang politisi, Fredrich Yunadi, serta Bimanesh Sutarjo, salah seorang dokter di Rumah Sakit Medika Permata Hijau.

Mereka diduga bekerja sama memasukkan tersangka ke Rumah Sakit Medika Permata Hijau, untuk rawat inap dengan data medis yang diduga manipulatif untuk menghindari panggilan dan pemeriksaan oleh penyidik kpk terhadap Setya Novanto.

Fredrich Yunadi membantah sangkaan KPK terhadap dirinya. Menurutnya, pada 16 November 2017 pukul 20.30 WIB, dia masih mengantre di kasir untuk memesan kamar VIP bagi kliennya.

Karena kondisi kamar terlalu sempit, dia kemudian meminta kesediaan pihak rumah sakit agar bisa memesan tiga kamar lainnya yang ditempati ajudan Setya Novanto.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Saeno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper