Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Gerhana Bulan, Semarang Siagakan Pompa Air Hadapi Banjir Rob

Gerhana bulan yang jatuh malam ini, Rabu (31/1/2018), akan diiringi pasang air laut atau rob. Buntutnya, genangan pun bakal terjadi di sejumlah kota yang letaknya di pesisir laut, seperti Semarang.
Gerhana bulan total/express.co.uk
Gerhana bulan total/express.co.uk

Bisnis.com, JAKARTA - Gerhana bulan yang jatuh malam ini, Rabu (31/1/2018), akan diiringi pasang air laut atau rob. Buntutnya, genangan pun bakal terjadi di sejumlah kota yang letaknya di pesisir laut, seperti Semarang. 

Pemerintah kota setempat telah mengantisipasi fenomena gerhana bulan total atau juga disebut Super Blue Bloodmoon, Supermoon, dengan menyiapkan sebanyak 48 pompa air guna menyedot luapan air laut dan warga diimbau waspada.

"Total ada 48 pompa untuk penyedot air yang kami siagakan di daerah-daerah yang berpotensi terjadi rob di Semarang. Kapasitasnya 600 liter per detik," kata Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi dalam rapat koordinasi penanganan rob, Selasa (30/1/2018).

Dalam rapat itu, hadir para camat, Dinas Pekerjaan Umum, Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman. Pompa air tersebut antara lain disiagakan di Muktiharjo Lor, Muktiharjo Kidul, Terboyo Wetan, dan sepanjang Sungai Sringin.

"Semua perlu waspada, terutama saat terjadi kondisi cuaca yang buruk di laut yang menyebabkan gelombang tinggi, tapi harus tetap tenang," tambahnya.

Fenomena Supermoon diprediksi oleh Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) terjadi bertepatan dengan Gerhana Bulan Total (GBT). Masyarakat di sebagian besar wilayah Indonesia bisa melihat dan mengamati fenomena di mana matahari, bumi, dan bulan berada pada satu garis lurus.

BMKG mengimbau masyarakat untuk mewaspadai tingginya pasang air laut karena adanya gravitasi bulan dengan matahari.

"Gerhana bulan total juga bertepatan dengan dengan fenomena jarak bulan dan bumi lebih dekat dari biasanya yakni sekitar 360.000 kilometer atau yang biasa disebut dengan bulan perigee," kata Prakirawan BMKG Maritim Teluk Bayur Ibrahim di Padang.

BMKG juga memperkirakan pasang air laut di Provinsi Sumatra Barat mencapai 1,4 meter dan surut pada ketinggian 0,2 meter. Sementara itu, gelombang laut di daerah perairan pesisir barat Kabupaten Pasaman Barat hingga pesisir Kabupaten Pesisir Selatan 0,50-0,75 meter. 

Di pesisir barat Bengkulu, gelombang laut 0,75-2 meter. Untuk perairan barat Pulau Siberut, Sipora, Pagai Utara-Selatan, dan Pulau Enggano Kabupaten Mentawai gelombang laut mencapai 1-2 meter.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : JIBI
Editor : Annisa Margrit
Sumber : Tempo.co
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper