Wapres JK : Kalau Sudah Sah, Khofifah Mundur

Wakil Presiden Jusuf Kalla memastikan bahwa Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa akan mengundurkan diri dari kabinet seusai ditetapkan sebagai Calon Gubernur dalam Pilgub Jatim 2018.
Irene Agustine | 10 Januari 2018 14:49 WIB
Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa (kedua kanan) dan Bupati Trenggalek Emil Elistyanto Dardak (kanan) bersama Plt Ketua Umum Partai Golkar Idrus Marham (kedua kanan) dan Ketua DPD Partai Golkar Jatim Nyono Suharli Wihandoko (kiri) menunjukkan surat rekomendasi partai Golkar untuk Cagub dan Cawagub Jawa Timur pada Pilkada 2018, di kantor DPP Golkar, Jakarta, Rabu (22 - 11). DPP Partai Golkar resmi mendukung Khofifah Indar Parawansa dan Emil Dardak sebagai pasangan bakal calon gubernur dan wakil gubernur p

Bisnis.com, JAKARTA -- Wakil Presiden Jusuf Kalla memastikan bahwa Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa akan mengundurkan diri dari kabinet seusai ditetapkan sebagai Calon Gubernur dalam Pilgub Jatim 2018.

Hal tersebut merupakan salah satu yang dibicarakan antara Wapres JK dan Khofifah saat melakukan pertemuan empat mata, kemarin, Senin (8/1/2018).

"Dia menyampaikan niatnya walaupun kita semua sudah memahami, untuk ikut dalam Pilkada Jawa Timur. Kalau dia sudah menjadi calon maka dia akan minta mundur. Kalau sudah sah," kata Wapres JK, di Kantor Wakil Presiden, Selasa (9/1/2018).

Wapres menilai pengunduran diri Khofifah dirasa sesuai dengan etik karena dilakukan setelah resmi ditetapkan sebagai pasangan calon yang akan berkompetisi.

"Memang begitu semestinya, kan baru bakal calon gubernur sekarang. Kalau bakal calon kan belum calon, kalau sudah ditetapkan KPUD baru dia mengundurkan diri," jelasnya.

Adapun, Wapres enggan menjelaskan saat ditanya sudahkah ada nama kuat pengganti Khofifah yang rencananya akan ditetapkan sebagai Cagub oleh KPUD Jawa Timur, besok, Rabu (10/1/2018).

"Dia berhenti saja belum kan, bagaimana penggantinya," ujarnya.

Tag : khofifah
Editor : Martin Sihombing

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top