Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Berikut Ini Pilihan Lokasi Perayaan Tahun Baru di Jakarta

Berikut ini sejumlah lokasi yang menjadi pusat kegiatan perayaan malam pergantian tahun di Jakarta, pada Minggu (31/12).
Ilustrasi/Bisnis
Ilustrasi/Bisnis

Kabar24.com, JAKARTA - Berikut ini sejumlah lokasi yang menjadi pusat kegiatan perayaan malam pergantian tahun di Jakarta, pada Minggu (31/12).

Di Jakarta Pusat, tempat Car Free Night diberlakukan di sepanjang Sudirman-Thamrin. Sepanjang ruas jalan, akan ada panggung hiburan dan bazaar kuliner 34 provinsi.

Panggung hiburan dimeriahkan dengan kesenian seperti tari pelangi, lenong Sapri botak, Band Seroja, Dangdut, hingga kuis berhadiah. Penyanyi Rhoma Irama rencananya juga akan beraksi di panggung Monas. Selain itu, akan ada acara nikah massal diselenggarakan di park and ride Jalan MH Thamrin.

Di Jakarta Utara, penyelenggaraan tahun baru digelar di dua tempat yakni Ancol dan Danau Sunter. Di Ancol, empat titik lokasi perayaan yakni di Pantai Carnaval, Pasar Seni, Taman Lumba-lumba, dan Pantai Lagoon. Pantai Carnaval akan menghadirkan pagelaran musik.

Sementara Pantai Lagoon akan ada penampilan yang mewakili kebudayaan Bali dan Papua. Di Taman Lumba-lumba ada pentas kebudayaan Kalimantan dan Sumatera.

Pasar Seni akan ada kebudayaan Betawi dan Jawa. Di puncak perayaan, akan ada pesta kembang api atau musical fireworks. Sementara di Danau Sunter, akan ada acara bakar-bakar ikan.

Di Jakarta Barat, penyelenggaraan tahun baru dilaksanakan di halaman Kantor Wali Kota Jakarta Barat.

Di Jakarta Timur, perayaan digelar di Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Nantinya akan ada ribuan obor yang ditancapkan di peta kepulauan Indonesia. Selain itu, akan ada berbagai acara hiburan dangdut, wayang kulit, dan video mapping.

Di Jakarta Selatan, perayaan malam tahun baru 2018 di Perkampungan Budaya Betawi (PBB) Setu Babakan, Jagakarsa. Ada bazaar, shalat berjamaah maghrib dan isya yang dilanjut dengan tahlilan. Lalu nanti ada hadrah, keroncong, gambang kromong serta hiburan lainnya. Puncaknya, akan ada pesta kembang api diiringi rebana.

Dinas Lingkungan Hidup Provinsi DKI Jakarta (DLH DKI) akan mengerahkan 5.000 petugas kebersihan pada malam tahun baru 2018.

"Saat perayaan malam pergantian tahun, kami kerahkan 5.000 petugas kebersihan. Petugas ini terdiri dari sopir truk sampah, kru dan regu comot sesonel. Bahkan kami mengerahkan 2.500 petugas tambahan dari UPK Badan Air untuk membantu di darat,” ujar Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta Isnawa Adji dalam keterangan tertulisnya, Minggu (31/12/2017).

Ribuan petugas itu akan membersihkan sampah-sampah sisa perayaan malam tahun baru mulai pukul 01.00 WIB. Pihak Adji menargetkan seluruh sampah sudah terangkut sebelum pukul 06.00 WIB, Senin (1/1/2018).

"Ketika puncak pergantian tahun terlewati dan acara utama selesai, petugas kami yang dikenal sebagai Pasukan Orange langsung bergerak di setiap titik lokasi perayaan,” kata Adji.

Dia menuturkan ribuan petugas kebersihan disiagakan secara menyebar di seluruh lokasi di Jakarta yang menjadi pusat keramaian warga pada malam tahun baru 2018. Pengerahan petugas terutama akan difokuskan di enam lokasi di atas.

"Secara khusus, kami minta para pedagang atau pelaku usaha UMKM yang akan menggelar bazar di setiap lokasi acara agar menyediakan kantong-kantong sampah, sehingga sampah tidak berceceran dan memudahkan para petugas ketika melakukan pembersihan dan pengangkutan sampah," kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper