Universitas dan Pusat Riset Tak Boleh Seperti Museum

Universitas dan Pusat Riset Tak Boleh Seperti Museum
Dika Irawan | 30 Desember 2017 03:41 WIB
Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Muhammad Nasir bersiap mengikuti rapat kerja dengan Komisi X DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (25/4). - Antara/Wahyu Putro A

Kabar24.com, JAKARTA - Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Muhammad Nasir meminta, perguruan tinggi dan Science And Technological Parks (STP) di Indonesia harus menghasilkan inovasi yang langsung bisa dimanfaatkan masyarakat, termasuk nelayan.

"Kita jangan sama dengan museum. Museum itu adalah apa yang dihasilkan di masa lalu. Kalau perguruan tinggi bangga dengan capaian masa lalu, itu adalah museum," ungkap Nasir saat menunjungi Marine Science and Techno Park (MSTP) Universitas Diponegoro (Undip) di pantai Teluk Awur, Kabupaten Jepara pada Jumat (29/12) dalam keterangan tertulis.

Nasir menargetkan STP di seluruh Indonesia harus langsung dapat mengubah pencaharian masyarakat disekitarnya.

"Bagaimana nelayan berubah dari mencari pencaharian sehari-hari menjadi fokus ke bisnis. Risiko harus kita hitung, supaya masyarakat, jika memanfaatkan, betul betul menambah nilai tambah," ungkap Nasir.

Tag : pendidikan
Editor : Andhika Anggoro Wening

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top