Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pulau Kecil di Tengah Sungai Musi Ini Bakal Jadi Wisata Favorit Asian Games 2018

Pulau Kemaro, sebuah delta kecil di tengah Sungai Musi, Palembang, Sumatra Selatan, bakal menjadi salah tempat wisata favorit selama penyelenggaraan Asian Games 2018.
Ilustrasi
Ilustrasi

Kabar24.com, PALEMBANG - Pulau Kemaro, sebuah delta kecil di tengah Sungai Musi, Palembang, Sumatra Selatan, bakal menjadi salah tempat wisata favorit selama penyelenggaraan Asian Games 2018.

"Selama ini turis asing yang banyak ke sini berasal dari Hong Kong, Singapura dan Malaysia. Saat Asian Games nanti saya yakin kontingen dari China juga akan berkunjung karena latar belakang sejarahnya," tutur Hermansyah, pegawai honorer Dinas Pariwisata Kota Palembang, Minggu (24/12).

Dia sejak 1997 bermukim di Pulau Kemaro, yang seluas sekira 1.300 meter persegi, dan memiliki pagoda maupun vihara China beserta kisah di baliknya. Dia berkeyakinan para tamu Asian Games yang berasal dari China, Hong Kong, diperkirakan akan tertarik berkunjung ke Pulau Kemaro.

Selama ini, menurut dia, puncak kedatangan wisatawan saat Imlek, sehingga Yayasan Tri Dharma sebagai pemilik lokasi terpaksa membuat jembatan darurat sepanjang 160 meter agar bisa dilalui pejalan kaki dari pinggir Sungai Musi.

Meski menjadi salah satu ikon wisata Kota Palembang selain Jembatan Amanat Penderitaan Rakyat (Ampera), Masjid Agung dan Benteng Kuto Besak, belum ada tanda-tanda bahwa Pagoda Pulau Kemaro segera dibenahi menyambut Asian Games 2018.

Sarana yang ada di pulau itu saat ini hanyalah dermaga kayu sederhana, warung yang menjual kelapa muda dan beberapa pedagang kaos dengan tampilan ala kadarnya.

Tidak terlihat umbul-umbul, spanduk atau atribut lain yang berhubungan dengan pesta olahraga terbesar kedua di dunia setelah Olimpiade itu.

"Mungkin pemerintah atau panitia masih fokus pada pembangunan dan persiapan infrastruktur, seperti LRT dan sarana pertandingan," ucap Hermansyah, yang kesehariannya juga berdagang kelapa muda, menyinggung proyek pembangunan sarana trasportasi light rapid transportation (LRT) di Palembang.

Pulau Kemaro terletak sekitar enam kilometer dari Jembatan Ampera dan berada dekat kawasan industri itu dapat ditempuh sekira 15 menit menggunakan kapal motor cepat dari dermaga Benteng Kuto Besak.

Pengunjung yang berniat berwisata ke Pulau Kemaro dapat memanfaatkan jasa pemilik kapal bertarif Rp200.000 per kapal pergi pulang dengan masa tunggu maksimal satu jam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Fajar Sidik
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper