Mengenang Sosok Sukamdani S. Gitosardjono: Putra Mahkota dan Emban Cindhe

Almarhum Sukamdani S. Gitosardjono punya cara yang khas dalam mewariskan bisnisnya. Ia mengaku tidak menyiapkan putra mahkota dan memperlakukan anak-anaknya dengan cara sama.
Saeno | 21 Desember 2017 16:37 WIB
Sukamdani Sahid Gitosardjono. - Bisnis/Abdullah Azzam

Bisnis.com, JAKARTA - Almarhum Sukamdani S. Gitosardjono punya cara yang khas dalam mewariskan bisnisnya. Ia mengaku tidak menyiapkan putra mahkota dan memperlakukan anak-anaknya dengan cara sama.

Pria yang oleh istrinya, Juliah, disebut berkemauan keras, tahan kritik, dan jujur ini dianugerahi dua putra dan tiga putri yakni Sarwo Budi Wiryanti (Yanti), Exacty Budiarsi (Sakti), Nugroho Budi Satrio, Haryadi Budi Santoso (Aik) , dan Sri Bimastuti Handayani (Anda).

“Saya tidak mau emban cindhe emban siladan (pilih kasih), karena semua itu anak biologis saya,” ujarnya kepada Bisnis ((14/3/2016).

Itulah sebabnya kelima putra-putri Sukamdani mengelola lini-lini bisnis yang berbeda dalam Grup Sahid sejak 1998.

Semasa hidupnya, pemegang bintang gerilya ini tetap bersahaja serta menekankan perlunya kejujuran dalam laku sebagai manusia.

Menurutnya untuk berbisnis, siapa pun dia, harus jujur, apalagi dalam bisnis yang bergelimang dengan materi.

“Jujur kepada Allah dan pada diri sendiri. Jika tidak mampu katakan tidak mampu. Tapi kalau jujur kepada orang lain sesama manusia harus tetap waspada, jangan sampai tertipu, atau istilahnya jangan jujur nggelujur,” tuturnya.

Sumber : koran.bisnis.com (14-3-2016)

Tag : sukamdani s. gitosardjono
Editor : Saeno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top