Gempa Tasikmalaya, Warga Jakarta Ikut Merasakan

Gempa yang mengguncang sebagian Pulau Jawa pada pukul 23.47 WIB dirasakan oleh sebagian warga DKI Jakarta
Novita Sari Simamora | 16 Desember 2017 01:17 WIB
Pusat Gempa di Tasikmalaya - Doc. BMKG

Bisnis.com, JAKARTA—Gempa yang mengguncang sebagian Pulau Jawa pada pukul 23.47 WIB dirasakan oleh sebagian warga DKI Jakarta.

Salah seorang warga yang bertempat tinggal di sebuah apartemen di Jakarta Pusat mengungkapkan kepanikannya saat merasakan gempa. “Di sini kenceng kerasanya. Pintu sama gorden sampe goyang, kepala sampai pusing,” ujar Anggi, karyawati sebuah perusahaan swasta.”

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini potensi tsunami atas gempa yang mengguncang sebagian Pulau Jawa.

Dalam kicauan Humas BMKG melalui akun @InfoHumasBMKG, tertulis gempa terjadi di Jawa Barat, Daerah Istimewah Yogyakarta dan Jawa Tengah. Adapun kekuatan gempa di tiga provinsi tersebut sekitar 7,3SR.

Gempa terjadi pada pukul 23.47 WIB, Jumat (15/12/2017) juga dirasakan oleh warga DKI Jakarta. Lokasi gempa yakni 8.03 Lintang Selatan, 108.04 Bujur Timur di kedalaman 105 km.

Pekan ini, BMKG juga telah melakukan tes komunikasi peringatan dini antarnegara di sekitar Samudra Hindia. Tes komunikasi ini dilakukan untuk memberikan peringat dini di lokasi-lokasi yang rawan gempa dan berada dekat dengan titik gempa.

Aktivitas Indonesia Tsunami Early Warning System (InaTEWS) sebagai Tsunami Service Provider (TSP) bertempat di Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG Pusat melakukan Tes Komunikasi dengan National Tsunami Warning Center (NTWC) negara-negara di kawasan Samudera Hindia.

 

Tag : gempa
Editor : Rahayuningsih

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top