Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Penghargaan: Ternyata KPK Salah!

Menyoal pemberian penghargaan yang diberikan oleh KPK dalam konteks Pencegahan Korupsi adalah suatu hal yang baik saja. Namun tentunya harus dilaksanakan dalam konteks yang tepat, karena jika salah akan dapat disalahartikan bahwa si penerima Penghargaan itu sudah berarti bersih dan bebas dari hukum.
Gedung Komisi Pemberantasan Korupsi/JIBI-Abdullah Azzam
Gedung Komisi Pemberantasan Korupsi/JIBI-Abdullah Azzam

Kabar24.com, JAKARTA - Menyoal pemberian penghargaan yang diberikan oleh KPK dalam konteks Pencegahan Korupsi adalah suatu hal yang baik saja.

Namun tentunya harus dilaksanakan dalam konteks yang tepat, karena jika salah akan dapat disalahartikan bahwa si penerima Penghargaan itu sudah berarti bersih dan bebas dari hukum.

Padahal di dalam konteks keberadaan pencegahan dan pemberantasan korupsi, ini adalah dinamis. Sehingga akan terlihat sangat lucu jika yang mendapatkan suatu penghargaan ternyata kemudian tersandung masalah hukum.

Sebagai mana manusia, lembaga seperti KPK pun bisa salah. Kenapa saya dapat menyimpulkan demikian? Karena jika melihat penghargaan yang diterima oleh BPJS Ketenagakerjaan, KPK memasukan kategori BPJS Ketenagakerjaan sebagai BUMN/D.

Ini adalah suatu kesalahan fatal, karena secara basis perundangan seharusnya KPK sangat paham tentang status BPJS yang merupakan lembaga langsung di bawah Presiden dengan basis "compliant" berbeda secara UU yang ada.

Sehingga tentunya dalam menilai lembaga BUMN/D dan BPJS tidaklah boleh dipakai dengan menggunakan basis kriteria yang sama. Itu karena potensi basis Fraud dan Korupsi yang ada jelas berbeda secara kelembagaannya.

Namun demikian saya sebagai Dewan Pengawas BPJS Ketenagakerjaan memberikan apresiasi kepada KPK dalam hal pemberian penghargaan ini. Semoga BPJS Ketenagakerjaan akan terpacu lebih lagi dalam menuju suatu lembaga yang berintegritas.

Upaya pencegahan dan pemberantasan korupsi itu adalah suatu proses yang berkesinambungan dan tidak dapat selesai dalam satu generasi saja.

Bukan "Power" yang membuat orang korup. Tapi "Orang" lah yang menjadikan "Power" yang korup.

 

*) Penulis adalah Anggota Dewan Pengawas BPJS Ketenagakerjaan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Saeno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper